Path: Top > KTI Kebidanan > 2016 B

ASUHAN KEBIDANAN IBU NIFAS PATOLOGI PADA NY. W UMUR 18 TAHUN P1A0 DENGAN PUTING SUSU LECET DI BPS SUNARSI SUMBERLAWANG SRAGEN

Undergraduate Theses from 01 / 2017-05-22 04:57:46
Oleh : Vina Susanti Ginanjar NIM B13091, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2017-05-22, dengan 1 file

Keyword : Asuhan kebidanan, ibu nifas, puting susu lecet

ABSTRAK

Latar Belakang :Setiap perempuan usia reproduktif akan mengalami daur reproduksi dalam hidupnya mulai dari hamil, bersalin, dan nifas.Masa nifas merupakan masa yang rawan bagi ibu, sekitar 60% kematian ibu terjadi setelah melahirkan dan hampir 50% dari kematian pada masa nifas terjadi pada 24 jam pertama setelah melahirkan, di antaranya di sebabkan oleh adanya komplikasi. Selama ini di Indonesia, perdarahan pasca persalinan merupakan penyebab kematian ibu yang pertama, namun dengan meningkatnya persediaan darah dan sistem rujukan, maka infeksi menjadi lebih menonjol sebagai penyebab kematian dan morbiditas ibu (Walyani dan Purwoastuti, 2014).

Tujuan Studi Kasus : Melaksanakan pengkajian secara lengkap dan sistematis pada ibu nifas Ny.W umur 18 tahun P1A0dengan puting susu lecet di BPS Sunarsi Sumberlawang Sragen.

Metodologi Penelitian :Jenis studi kasus yang digunakan pada pengambilan data ini yaitu deskriptif observasional yang berlokasi di BPS Sunarsi Sumberlawang dengan menggunakan format asuhan kebidanan 7 langkah Varney dengan pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder.

Hasil Studi Kasus :Setelah dilaksanakan Asuhan Kebidanan selama 5 hari pada Ny. W dengan puting susu lecet didapatkan hasil KU : ibu baik, puting susu sudah tidak lecet dan ASI sudah lancar.

Kesimpulan :Setelah dilakukan pengkajian,interpretasi data, diagnosa potensial, tindakan segera, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada ibu nifas dengan puting susu lecettidakterdapat kesenjangan antara teori dan kasus.

Kata Kunci : Asuhan kebidanan, ibu nifas, puting susu lecet

Kepustakaan : 17 litelatur (tahun 2006 s/d 2014)

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Yunia Renny Andikatias, SST., MPH, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...