Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 B

TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KEBERSIHAN GENITALIA SAAT MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI DI SMP N 1 SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2013

086/KTI/AKB/13
Undergraduate Theses from 01 / 2013-12-30 11:34:19
Oleh : NILA RESTI ANINDYA_B 10.094, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-29, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, Kebersihan genitalia, Menstruasi, Remaja
Subjek : GENITALIA

ABSTRAK

LATAR BELAKANG : Kehidupan masa remaja merupakan tahapan yang sangat menentukan untuk pembentukan pribadi selanjutnya, sehingga sangat penting bagi remaja mempunyai pengetahuan yang baik terhadap kesehatan reproduksinya. Kebersihan genitalia terutama saat menstruasi sering diabaikan oleh wanita. Infeksi yang diakibatkan oleh hygiene yang buruk selama menstruasi dapat menimbulkan penyakit organ reproduksi, sehingga dibutuhkan pengetahuan yang baik tentang kesehatan reproduksi pada remaja putri agar dapat terhindar dari suatu penyakit reproduksi. Berdasarkan study pendahuluan di SMP N 1 Sambirejo didapatkan 8 siswi belum mengerti tentang cara memebersihkan genitalia saat menstruasi dengan benar dan 2 siswi sudah mengerti.

TUJUAN: Untuk mengetahui tingkat pengetahuan tentang kebersihan genitalia saat menstruasi pada remaja putri di SMP N 1 Sambirejo Kabupaten Sragen pada tingkat baik, cukup dan kurang.

METODE PENELITIAN : Jenis penelitian ini adalah diskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian di SMP N 1 Sambirejo Kabupaten Sragen. Waktu pelaksanaan pada tanggal 14 Maret 2013. Jumlah sampel sebanyak 205 siswi dengan tekhnik pengambilan sampel menggunakan systematic random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner tertutup, variabel penelitian ini adalah variabel tunggal dan analisis data menggunakan analisa univariat. Tekhnik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder.

HASIL PENELITIAN: Tingkatpengetahuan tentang kebersihan genitalia saat menstruasi pada remaja putri di SMP N 1 Sambirejo dengan kategori baik sebanyak 26 responden (12,68 %), cukup sebanyak 141 responden (68,78%) dan kurang sebanyak 38 responden (18,54%).

KESIMPULAN : Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pengetahuan tentang kebersihan genitalia saat menstruasi pada remaja putri di SMP N 1 Sambirejo paling banyak terdapat pada kategori cukup sebanyak 141 responden (68,78%).

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : APrilia Dyah Rahmawati, SST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...