Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 B

Tingkat Pengetahuan ibu hamil trimester III tentang ASI eksklusif di RB Margawaluya Surakarta

076/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2013-12-28 13:12:40
Oleh : Iin Fitri Asari B10083, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-14, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, Ibu hamil Trimester III, ASI Eksklusif
Subjek : ASI Eksklusif

Abstrak

Latar Belakang: Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia angka kematian bayi di Indonesia pada tahun 2007 yaitu 34 per 1000 kelahiran hidup. Tingginya kematian bayi dan neonatal disebabkan oleh rendahnya status gizi ibu hamil, rendahnya pemberian ASI, diare, asfiksia, ISPA. Pemberian ASI membantu bayi memulai kehidupan dengan baik, memberikan ASI Eksklusif akan menjamin nutrisi yang ideal, meningkatkan daya tahan tubuh bayi, membantu ibu memulihkan dari proses persalinan dan meningkatkan jalinan kasih sayang antara ibu dan bayi. Rendahnya cakupan keberhasilan pemberian ASI Ekslusif dipengaruhi oleh rendahnya pengetahuan ibu dan keluarga tentang ASI Eksklusif, Rumah Sakit yang tidak memberlakukan rooming in, fasilitas kesehatan yang memberikan susu formula pada bayi baru lahir dan ibu bekerja. Berdasarkan studi pendahuluan dari 10 ibu hamil, 3 berpengetahuan baik dan 7 berpengetahuan kurang tentang manfaat dan cara pemberian ASI Eksklusif belum mengetahui.

Tujuan: Mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III tentang ASI Eksklusif di RB Marga Waluya Surakarta pada tingkat pengetahuan baik, cukup dan kurang.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dilakukan di RB Marga Waluya Surakarta pada tanggal 6 Februari s/d 6 Maret 2013. Jumlah sampel 32 ibu hamil trimester III, teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner, variabel yang digunakan adalah variabel tunggal sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis univariat.

Hasil Penelitian: Tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III tentang ASI Eksklusif di RB Marga Waluya Surakarta dapat dikategorikan baik sebanyak 5 responden (15,6%), pengetahuan cukup sebanyak 21 responden (65,6%) dan pengetahuan kurang sebanyak 6 responden (18,8%).

Kesimpulan: Jadi tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III tentang ASI Eksklusif di RB Marga Waluya Surakarta dapat dikategorikan cukup sebanyak 21 responden (65,6%).

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Anis Nurhidayati, SST, M.Kes, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...