Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 C

TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL MENGENAI BAHAYA ASAP ROKOK PADA JANINNYA DI RB KUSMAHATI PUNGKUK JETIS JATEN KARANGANYAR TAHUN 2013

127/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2014-01-08 08:17:01
Oleh : EKA OKTALILI_B10.136, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-12, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan,ibu hamil, bahaya asap rokok
Subjek : bahaya asap rokok

ABSTRAK

Latar Belakang : Jumlah Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di Jawa Tengah pada tahun 2011 sebanyak 21.184. Dampak negatif rokok dan asapnya terhadap ibu hamil diantaranya ancaman persalinan prematur, ketuban pecah sebelum waktunya, ancaman lepasnya plasenta sebelum lahir, plasenta previa, sedangkan dampak terhadap janin adalah berat badan janin lebih rendah dari normal, kematian janin di dalam rahim, peningkatan resiko kematian janin mendadak (Sudden Infant Death Syndrom/SIDS). Studi pendahuluan setelah dilakukan wawancara pada tanggal 13 Oktober 2012 terhadap 15 ibu hamil mengenai bahaya asap rokok pada janinnya didapatkan 9 ibu belum mengetahui tentang bahaya asap rokok bagi janinnya sedangkan 6 sudah mengetahui tentang bahaya asap rokok bagi janinnya.

Tujuan : Mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil mengenai bahaya asap rokok pada janinnya di BPS Kusmahati Pungkuk, Jetis Jaten Karanganyar pada tingkat baik, cukup dan kurang.

Metode Penelitian : Desain penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di RB Kusmahati Pungkuk Jetis Jaten Karanganyar pada tanggal 6 s/d 20 April 2013. Sampel dalam penelitian ini adalah 34 ibu nifas, pengambilan sampel yaitu dengan teknik Accidental sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Cara pengumpulan data berasal dari data primer dan Data Sekunder. Variabel tunggal yaitu tingkat pengetahuan ibu hamil mengenai bahaya asap rokok. Analisa menggunakan analisa univariat.

Hasil Penelitian : tingkat pengetahuan ibu hamil mengenai bahaya asap rokok pada janinnya di RB Kusmahati Pungkuk, Jetis Jaten Karanganyar pada tingkat baik sebanyak 3 responden (8,8%), tingkat cukup sebanyak 27 responden (76,4%), dan tingkat kurang sebanyak 4 responden (11,8%)

Kesimpulan : Tingkat pengetahuan ibu hamil mengenai bahaya asap rokok pada janinnya di RB Kusmahati Pungkuk, Jetis Jaten Karanganyar pada tingkat cukup yaitu (76,4%)

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Deny Eka Widyastuti,SST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...