Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 C

ASUHAN KEBIDANAN BAYI BARU LAHIR PADA BAYI Ny.S UMUR 10 JAM DENGAN HIPERBILIRUBINEMIA DERAJAT III DI RSUD Dr. M0EWARDI SURAKARTA TAHUN 2OI3

126/KTI/AKB/13
Undergraduate Theses from 01 / 2014-01-07 14:50:04
Oleh : DWI LESTARI_B10 135, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-11, dengan 1 file

Keyword : Asuhan kebidanan, bayi baru lahir, hiperbilirubinemia derajat III
Subjek : hiperbilirubinemia derajat III

ABSTRAK

Latar Belakang : Angka kejadian bayi baru lahir dengan hiperbilirubinemia di RSUD Dr. Moewardi Surakarta dari bulan september 2011 s/d september 2012 masih tergolong tinggi yaitu sebanyak 285 bayi (10,83%). Hiperbilirubinemia derajat III ditandai dengan suatu keadaan kuning pada bagian kepala, badan, paha sampai dengan lutut akibat penumpukan kadar bilirubin. Hiperbilirubin derajat III harus mendapatkan penanganan yang baik agar tidak menimbulkan hiperbilirubin derajat IV dan kern ikterus.

Tujuan :Melaksanakan asuhan kebidanan bayi baru lahir pada bayi Ny.S dengan hiperbilirubinemia derajat III dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan 7 langkah Varney, menganalisis kesenjangan antara teori dan kasus nyata di lapangan serta memberikan alternatif pemecahan pada kesenjangan dalam penatalaksanaan bayi baru lahir dengan Bayi Ny.S dengan hiperbilirubinemia derajat III

Metode : Penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini merupakan jenis studi kasus yang menggunakan metode penelitian deskriptif, dilakukan di RSUD Dr. Moewardi, subyek studi kasus adalah bayi baru lahir bayi Ny. S dengan hiperbilirubinemia derajat III dan dilaksanakan pada tanggal 27 April s/d 3 Mei 2013, data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder.

Hasil : Setelah dilakukan asuhan selama 7 hari dengan mengobservasi keadaan kuning pada bayi dan tanda tanda vital bayi, jaga kehangatan bayi, jaga personal hygiene bayi, pencegahan infeksi, memenuhi kebutuhan nutrisi, observasi BAB dan BAK timbang berat badan bayi, melakukan kolaborasi dengan doliler spesialis anak dengan program foto terapi, pemasangan infus D 5 1/4 NS , pemberian injeksi antibiotik ampicilin 10 mg/8 jam dan otogenta 10 mg/12 jam, pemasangan OGT, terapi O2 dan cek kadar bilirubin total post foto terapi sehingga didapatkan hasil keadaan umum baik, kulit tidak berwarna kuning lagi, reflek hisap bayi baik,bergerak aktif, bayi sudah disusui ibunya, BAB bayi warna kuning konsisten lunak dan BAK bayi kuning jernih, kadar bilirubin total menurun dari 1l,55% menjadi 2,4% dan bayi sudah diperbolehkan pulang oleh dokter spesialis anak dalam keadaan sehat.

Kesimpulan : Pada Karya Tulis Ilmiah ini terdapat kesenjangan antara praktik lahan dan teori yaitu terletak pada pengkajian, Antisipasi atau tindakan segera dan perencanaan.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Aprilia Dyah R,SST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...