Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 B

Tingkat pengetahuan ibu balita tentang tumbuh kembang balita usia 2-5 tahun di Posyandu Sarimulyo VI Pringanom Masaran Sragen

063/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2013-12-24 14:50:51
Oleh : Dewi Wulan Sari B10070, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-14, dengan 1 file

Keyword : Tingkat Pengetahuan, Ibu Balita, Tumbuh Kembang Balita
Subjek : Tumbuh Kembang Balita

Abstrak

Latar Belakang: Tumbuh kembang anak berlangsung secara teratur, saling berkaitan dan berkesinambungan dimulai sejak konsepsi hingga dewasa. Dasar kepribadian anak terbentuk dari keluarga dan lingkungan. Pengetahuan dan kesadaran para ibu balita serta masyarakat pada umumnya sangat perlu, dalam melaksanakan pemantauan perkembangan dan memberikan rangsangan terhadap perkembangan anak. Peranan keluarga terutama ibu dalam mengasuh anak memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak, karena ibu merupakan orang tua yang paling dekat dengan anak.

Tujuan Penelitian: Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan Ibu balita tentang tumbuh kembang balita usia 2 s/d 5 tahun. Tujuan khusus untuk mengetahui tingkat pengetahuan Ibu balita tentang tumbuh kembang balita usia 2 s/d 5 di Posyandu Sari Mulyo VI Pringanom Masaran Sragen pada tingkat baik, cukup dan kurang.

Metode Penelitian: Jenis penelitian deskriptif kuantitatif, lokasi dan waktu penelitian di Posyandu Sari Mulyo VI Pringanom Masaran Sragen pada tanggal 18 April 2013, teknik pengambilan sampel dengan total sampling dengan jumlah sampel 45 responden, instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya teknik analisa data dengan analisa univariat.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian terhadap 45 Ibu balita di Posyandu Sari Mulyo VI Pringanom Masaran Sragen diperoleh hasil yang memiliki pengetahuan berkategori baik sebanyak 6 responden (13,3%), pengetahuan cukup sebanyak 33 responden (73,4%) dan pengetahuan kurang sebanyak 6 responden (13,3%).

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu balita di Posyandu Sari Mulyo VI Pringanom Masaran Sragen mempunyai pengetahuan yang cukup tentang tumbuh kembang balita yaitu sebanyak 33 responden (73,4%).

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Erlyn Hapsari, SST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...