Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 B

Tingkat pengetahuan ibu nifas tentang bendungan ASI di Klinik Bersalin Utami Nugroho Puro Karangmalang Sragen

059/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2013-12-24 13:15:55
Oleh : Anik Nur Hastuti B10064, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-14, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, Ibu Nifas, Bendungan ASI
Subjek : Bendungan ASI

Abstrak

Latar Belakang : Perawatan ibu nifas merupakan bagian integral pada proses melahirkan dan dimanfaatkan untuk perawatan pada ibu dan bayinya. Mengingat pentingnya ASI bagi ibu dan bayi, perlu dilakukan perawatan bagi ibu nifas yang berhubungan dengan perawatan payudara untuk kelancaran pengeluaran ASI. Pemeriksaan payudara dimaksudkan agar tidak ada masalah dan gangguan pada waktu menyusui, seperti payudara berwarna kemerahan / payudara bengkak. Jika payudara ibu terdapat tanda tanda tersebut, maka akan mengganggu produksi ASI. Produksi ASI akan menurun dikarenakan saluran ASI yang tersumbat. Hasil studi pendahuluan yang penulis wawancarai pada 10 ibu nifas di Klinik Bersalin Utami Nugroho Puro Karangmalang Sragen pada bulan November 2012, terdapat 5 orang ibu berpengetahuan kurang, 3 ibu berpengetahuan baik, 2 ibu berpengetahuan cukup dan dari 10 ibu terdapat 2 ibu mengalami bendungan ASI.

Tujuan : Untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu nifas tentang bendungan ASI di Klinik Bersalin Utami Nugroho Puro Karangmalang Sragen pada tingkat baik, cukup dan kurang.

Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dilakukan di Klinik Bersalin Utami Nugroho Puro Karangmalang Sragen pada tanggal 20 Jan 2013 s/d 20 Feb 2013. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 ibu nifas, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Alat pengumpul data adalah kuesioner, untuk analisis data menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi dengan bantuan program SPSS.

Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan ibu nifas tentang bendungan ASI di Klinik Bersalin Utami Nugroho Puro Karangmalang Sragen diperoleh hasil pengetahuan baik sebanyak 8 responden (23,5%), pengetahuan cukup sebanyak 20 responden (58,8%) dan pengetahuan kurang sebanyak 6 responden (17,6%).

Kesimpulan : Tingkat pengetahuan ibu nifas tentang bendungan ASI di Klinik Bersalin Utami Nugroho Puro Karangmalang Sragen sebagian besar berpengetahuan cukup yaitu sebanyak 20 responden (58,8%) dipengaruhi oleh umur, pendidikan, pekerjaan dan paritas atau pengalaman.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Annisaul Khoiriyah, SST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...