Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Prof. Dr. Hermanu Joebagjo, M.Pd; Maria Wisnu Kanita, S. Kep., Ns., Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...

Path: Top > Skripsi Keperawatan > 2014

Peran komunikasi terapeutik pada pasien gangguan kardiovaskuler di Ruang Intensive Care Unit

045/Skripsi/SKP/14
Gray literature from 01 / 2014-09-24 14:42:28
Oleh : Yuyun Elok Efrianti S10048, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2014-09-24, dengan 1 file

Keyword : Komunikasi Terapeutik, Gangguan Kardiovaskuler, Intensive Care Unit.
Subjek : Komunikasi Terapeutik

Abstrak

Ruang Intensive Care Unit memiliki perlengkapan yang khusus yang ditujukan untuk observasi, perawatan dan terapi pasien pasien yang menderita penyakit akut, cidera atau penyulit penyulit yang mengancam nyawa atau potensial mengancam nyawa dengan prognosis dubia. Intensive Care Unit adalah suatu bagian dari rumah sakit yang mandiri, dengan staf yang khusus dan reversibel, salah satunya adalah untuk pasien dengan penyakit gangguan kardiovaskuler. Perawat dalam merawat pasien harus menggunakan komunikasi terapeutik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi terapeutik pada pasien gangguan kardiovaskuler di Ruang Intensive Care Unit.

Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dengan desain Case Study yang menggunakan sampel pasien dengan penderita penyakit jantung di ruang ICU RSUD Dr. Soehardi Prijonegoro Sragen. Perawat menggunakan komunikasi terapeutik dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan pasien, dan dari komunikasi serta interaksi tersebut dapat diketahui apakah komunikasi terapeutik membantu proses kesembuhan non medis pada pasien dengan penyakit jantung di Ruang ICU.

Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan adalah, perawat telah melakukan komunikasi terapeutik dan sub bagian komunikasi terapeutik pada pasien gangguan kardiovaskuler di Ruang Intensive Care Unit dan didapatkan hasil dari komunikasi terapeutik yang dilakukan perawat menjadi efektif guna menunjang pasien dalam mencapai kesembuhan.

Kata Kunci : Komunikasi Terapeutik, Gangguan Kardiovaskuler, Intensive Care Unit.

Daftar Pustaka : 17 (2006 s/d 2013)

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com