Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 C

TINGKAT PENGETAHUAN IBU MENYUSUI TENTANG ALAT KONTRASEPSI SELAMA LAKTASI DI DESA TEGALSARI WERU SUKOHARJO TAHUN 2013

167/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2014-01-09 11:40:46
Oleh : YULIANI DWI SAFITRI_B10 180, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-05, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, Ibu Menyusui, Alat kontrasepsi selama laktasi
Subjek : Alat kontrasepsi selama laktasi

ABSTRAK

Latar Belakang: Laju pertumbuhan penduduk Indonesia pada Tahun 2010 sekitar 1,49% per tahun, jumlah pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali jelas merupakan beban negara. Usaha pemerintah untuk menurunkan laju pertumbuhan penduduk dengan melalui program keluarga berencana (KB). Program KB upaya untuk peningkatan kepedulian masyarakat dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera. Menyusui dapat dijadikan sebagai alat kontrasepsi, tetapi menyusui harus memilih alat kontrasepsi yang mengganggu laktasi. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di desa Tegalsari Weru Sukoharjo pada tanggal 25 Oktober 2012. Dari hasil wawancara terhadap 10 ibu menyusui tentang Tingkat Pengetahuan Ibu Menyusui tentang Alat Kontrasepi Selama Laktasi, didapat 6 ibu menyusui belum mengerti dan 4 ibu menyusui sudah mengerti tentang alat kontrasepsi selama laktasi.

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang alat kontrasepsi selama laktasi di desa Tegalsari Weru Sukoharjo dalam tingkat baik, cukup, dan kurang.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dengan jumlah responden 34 ibu menyusui, instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya teknik analisa data dengan analisa univariat.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian terhadap 34 ibu menyusui tentang alat kontrasepsi selama laktasi di Desa Tegalsari Weru Sukoharjo diperoleh hasil yang berpengetahuan baik sejumlah 5 responden (14,70%), cukup sejumlah 22 responden (64,70%) dan kurang sejumlah 7 responden (20,60%).

Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu menyusui tentang alat kontrasepsi selama laktasi di Desa Tegalsari Weru Sukoharjo mempunyai pengetahuan yang cukup tentang alat kontrasepsi selama laktasi yaitu sebanyak 22 responden (64,70%).

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Estri Kusumawati,SST.,M.Kes, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...