Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 B

TINGKAT PENGETAHUAN IBU PRIMIGRAVIDA TRIMESTER III TENTANG PROSES PERSALINAN DI RB AN-NUUR SUMBER SURAKARTA TAHUN 2013

108/KTI/AKB/13
Undergraduate Theses from 01 / 2013-12-31 14:39:54
Oleh : YUDYA NUR ANISA RAHMAWATY_B10 119, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-25, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, Primigravida, trimester III, Proses Persalinan
Subjek : Proses Persalinan

ABSTRAK

Latar Belakang : Tinggi rendahnya kematian ibu dan perinatal menjadi ukuran kemampuan pelayanan obstetri di suatu negara, sedangkan tingkat kesejahteraan masyarakatnya ditentukan oleh tingkat pengetahuan ibu tentang proses persalinan. Proses persalinan berbeda beda pada setiap wanita, namun tanda tanda dari persalinan sama pada primigravida dan multigravida. Kehamilan dan persalinan bagi primigravida merupakan hal yang baru, sehingga ibu kurang mengetahui tentang proses persalinan. Dari 10 primigravida yang diwawancarai oleh penulis, didapatkan kesimpulan 6 orang ibu hamil kurang mengetahui tentang proses persalinan dan 4 orang ibu hamil mengetahui tentang proses persalinan.

Tujuan : Untuk mengetahui Tingkat Pengetahuan Ibu Primigravida Trimester III tentang Proses Persalinan di RB An Nuur Sumber Surakarta.

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, lokasi penelitian di RB An Nuur, Sumber, Surakarta pada tanggal 25 Februari sampai 8 Maret 2013. Jumlah sampel sebanyak 30 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner, sedangkan analisis data menggunakan analisis univariat.

Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil penelitian Tingkat Pengetahuan Ibu Primigravida Trimester III tentang Proses Persalinan di RB An Nuur Sumber Surakarta dapat dikategorikan pengetahuan baik sebanyak 3 responden (10%), sedangkan dalam kategori cukup yaitu 21 responden (70%) dan untuk kategori kurang terdapat 6 responden (20%).

Kesimpulan : Tingkat Pengetahuan Ibu Primigravida Trimester III tentang Proses Persalinan di RB An Nuur Sumber Surakarta sebagian besar berpengetahuan cukup sebanyak 21 responden (70%).

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Riadini Wahyu Utami, SST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...