Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 C

Asuhan kebidanan ibu nifas pada Ny.R P1A0 umur 25 tahun dengan putting susu lecet di BPM Puji Setiani Tegalmulyo Mojosongo Surakarta

165/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2014-01-09 11:23:29
Oleh : Wiwik Widhiyanti B10178, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-11-25, dengan 1 file

Keyword : Asuhan Kebidanan, Ibu Nifas, Puting susu lecet
Subjek : Puting susu lecet

Abstrak

Latar Belakang: Angka Kematian Ibu (AKI) berdasarkan SDKI tahun 2007 sebesar 228 per 100.000 kelahiran hidup. Salah satu penyebab kematian ibu saat kehamilan (20%), persalinan (30%), dan nifas (50%). Penyebab kematian ibu banyak terjadi pada masa nifas, yaitu karena perdarahan persalinan, eklamsia, infeksi, mastitis dan post partum blues. Salah satu penyebab infeksi pada ibu nifas adalah tejadinya puting susu lecet yang merupakan permulaan dari kemungkinan Bendungan saluran ASI. Berdasarkan data yang diambil di BPM Puji Setiani Tegalmulyo Mojosongo Surakarta jumlah kasus nifas dengan puting susu lecet sebanyak 6 orang.

Tujuan: Dari asuhan kebidanan pada Ny. R dengan puting susu lecet adalah untuk meningkatkan kemampuan penulis dalam memberikan asuhan kebidanan pada ibu nifas dengan puting susu lecet dengan menerapkan manajemen kebidanan Tujuh langkah Varney, kesenjangan dan alternative pemecahan.

Metodologi: Laporan ini merupakan laporan studi kasus dengan metode observasional deskriptif yang dilakukan pada tanggal 1O Maret 2O13 di BPM Puji Setiani Tegalmulyo Mojosongo Surakarta. Teknik pengumpulan data melalui data primer dan data sekunder. Subyek studi kasus yang diambil penulis adalah Ny. R P1A0 dengan puting susu lecet.

Hasil: Hasil studi kasus ini adalah masalah yang dialami ibu nifas dengah puting susu lecet dapat diatasi. Hal ini dapat diketahui setelah dilakukan asuhan selama 3 hari didapatkan tidak mengalami komplikasi. Hal ini dapat dilihat dari pemeriksaan fisik bahwa keadaan ibu baik, puting susu tidak lecet, nyeri, panas, ASI sudah lancar dan bayi sudah mau menyusu.

Kesimpulan: Pada kasus Ny. R P1A0 umur 25 tahun dengan puting susu lecet tidak terdapat kesenjangan antara teori dengan praktik.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Riadini Wahyu U, SST
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...