Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 A

Asuhan kebidanan pada ibu bersalin Ny. N dengan retensio plasenta di RSUD Pandan arang boyolali

051/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2013-12-18 11:40:37
Oleh : Wika Tira Permani B10058, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-12-18, dengan 1 file

Keyword : Asuhan kebidanan, ibu bersalin, retensio plasenta
Subjek : retensio plasenta

Abstrak

Latar Belakang : Berdasarkan penelitian WHO di Indonesia angka kematian ibu adalah 330/100.000 persalinan hidup. Penyebab angka kematian ibu diantaranya, perdarahan sekitar 60-70%, infeksi nifas sekitar 20 s/d 30%, dan kematian akibat abortus dan partus lama sekitar 10 s/d 20%. Retensio plasenta disebabkan oleh atonia uteri yang belum keluar atau karena adanya lingkaran kontriksi pada bagian bawah rahim akibat kesalahan penanganan kala III yang akan menghalangi plasenta keluar (plasenta inkarserata) dan belum lepasnya plasenta dari dinding rahim karena tumbuh melekat lebih dalam.

Tujuan : Mendapat pengalaman yang nyata dalam memberikan asuhan kebidanan pada ibu bersalin dengan retensio plasenta melalui pendekatan manajemen kebidanan menurut Hellen Varney.

Metode Studi Kasus : Jenis studi kasus menggunakan metode deskriptif, lokasi studi kasus di RSUD Pandan Arang Boyolali, subjek dalam studi kasus ini adalah ibu bersalin Ny. N dengan retensio plasenta, waktu studi kasus dilakukan pada tanggal 29 s/d 30 Januari 2013, instrumen studi kasus menggunakan format asuhan kebidanan pada ibu bersalin, teknik pengumpulan data menggunakan data primer yang meliputi pemeriksaan fisik (inspeksi, palpasi, auskultasi, perkusi), wawancara dan observasi, serta data sekunder meliputi studi kepustakaan dan studi dokumentasi, serta alat yang dibutuhkan untuk manual plasenta, pemeriksaan fisik dan pendokumentasian.

Hasil Studi kasus : Setelah dilakukan asuhan kebidanan selama 2 hari didapatkan hasil keadaan umum : baik, kesadaran : composmentis, TTV : TD : 110/80 mmHg, S : 36 derajat C, N : 86 x/menit, R : 24 x/menit, perdarahan 150 cc, infus telah terpasang, plasenta lahir secara manual utuh dengan berat 500 gram, panjang tali pusat 50 cm, jumlah kotiledon lengkap, insersi sentralis, eksplorasi ditemukan selaput ketuban, perineum ruptur derajat 2 dan dilakukan heacting, terapi obat telah diberikan, ibu sudah merasa tenang.

Kesimpulan : Pada kasus ibu bersalin dengan retensio plasenta penulis menemukan adanya kesenjangan antara teori dan kasus yang ada dilahan yaitu pada interpretasi data, rencana tindakan dan pelaksanaan.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Rahajeng P, SST, M.Kes, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...