Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 A

TINGKAT PENGETAHUAN KADER TENTANG POSYANDU DI DESA NGEMPLAK KARANGPANDAN KARANGANYAR TAHUN 2013

050/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2013-12-18 10:45:42
Oleh : ULLI PURWANINGSIH_B10 056, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-09-28, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, Kader Posyandu
Subjek : Kader Posyandu

ABSTRAK

Latar Belakang : Posyandu merupakan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia sejak dini melalui layanan sosial dasar masyarakat untuk menunjang pembanguanan. Posyandu dibentuk oleh masyarakat desa/keluraham dengan tujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan dasar, terutama Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare kepada masyarakat setempat. Keaktifan kader dalam kegiatan posyandu akan meningkatkan ketrampilan karena dengan selalu hadir dalam kegiatan posyandu, kader akan mendapat tambahan ketrampilan dari pembinaan petugas maupun belajar dari teman sekerjanya. Dari hasil studi pendahuluan dengan melakukan wawancara pada 10 kader didapatkan 2 kader berpengetahuan baik, 4 kader berpengetahuan cukup dan 4 kader berpengetahuan kurang.

Tujuan : Untuk mengetahui tingkat pengetahuan kader tentang posyandu di Desa Ngemplak Karangpandan Karanganyar.

Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dilaksanakan di Desa Ngemplak Karangpandan Karanganyar pada bulan Februari s/d Maret 2013. Sampel yang digunakan sebanyak 46 responden. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah univariat.

Hasi Penelitian : Tingkat pengetahuan kader tentang posyandu di Desa Ngemplak Karangpandan Karanganyar dengan 10 responden (21,8%) mempunyai pengetahuan baik, 30 responden (65,2%) mempunyai pengetahuan cukup dan 6 responden (13%) mempunyai pengetahuan kurang.

Kesimpulan : Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa mayoritas tingkat pengetahuan kader tentang posyandu di Desa Ngemplak Karangpandan Karanganyar pada tingkat cukup, yaitu sebanyak 30 orang (65,2%). Hal ini dipengaruhi faktor informasi dan pengalaman.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : ENI RUMIYATI, SST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...