Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 B

Tingkat pengetahuan remaja kelas XI tentang Infeksi Menular Seksual (IMS) di SMA Negeri I Gemolong Sragen

105/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2013-12-31 13:21:10
Oleh : Tutik Wahyuningsih B10115, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-11-22, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, Remaja, Infeksi Menular Seksual (IMS)
Subjek : Infeksi Menular Seksual (IMS)

Abstrak

Latar Belakang : Masa remaja merupakan masa yang begitu penting dalam hidup manusia, karena pada masa tersebut terjadi proses awal kematangan organ reproduksi manusia yang disebut sebagai masa pubertas. Infeksi Menular Seksual (IMS) disebut juga dengan Penyakit Menular Seksual (PMS) adalah sekelompok infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual. Hasil beberapa survey menyimpulkan bahwa pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi masih rendah. Salah satu contoh 46,2% remaja. Setelah dilakukan wawancara terhadap 10 siswa didapatkan 1 siswa (10%) dengan pengetahuan baik tentang IMS, sedangkan 3 siswa (30%) pengetahuan cukup tentang IMS sedangkan 6 siswa (60%) dengan pengetahuan kurang tentang IMS.

Tujuan : Untuk mengetahui tingkat pengetahuan remaja kelas XI tentang Infeksi Menular Seksual (IMS) di SMA Negeri I Gemolong Sragen dalam tingkat baik, cukup dan kurang.

Metode Penelitian : Desain penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri I Gemolong Sragen pada tanggal 27 Mei s/d 2 Juni 2013. Populasi sejumlah 257 siswa dan sampel yang digunakan 39 responden Pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Variabel penelitan ini yaitu variabel tunggal yaitu pengetahuan remaja tentang Infeksi Menular Seksual (IMS). Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Cara pengumpulan data berasal dari data primer dan Data Sekunder. Metode Pengolahan dan analisa menggunakan analisa univariat yang menghasilkan distribusi prosentase.

Hasil Penelitian : Tingkat Pengetahuan Remaja Kelas XI tentang Infeksi Menular Seksual (IMS) di SMA Negeri I Gemolong Sragen dapat dikategorikan pengetahuan baik sebanyak 6 responden (15,4%), tingkat cukup sebanyak 26 responden (66,7%) dan pada tingkat kurang sebanyak sebanyak 7 responden (17,9%)

Kesimpulan : Tingkat Pengetahuan Remaja Kelas XI tentang Infeksi Menular Seksual (IMS) di SMA Negeri I Gemolong Sragen dapat dikategorikan tingkat cukup sebanyak 26 responden (66,7%) dipengaruhi informasi.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Eni Rumiyati, SST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...