Print ...

Contributor...

  • Pembimbing : Desy Handayani, S.ST, M.Kes.
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Downnload...

Path: Top > KTI Kebidanan > 2012 B

Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Kehamilan Resiko Tinggi di PKD Ngudi Waras Jabung Sragen Tahun 2012

112/KTI/AKB/12
Gray literature from 01 / 2013-04-11 09:32:27
By : Tri Wulandari B09117, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Created : 2013-01-14, with 1 files

Keyword : Pengetahuan, Kehamilan, Kehamilan Resiko Tinggi
Subject : Kehamilan Resiko Tinggi

ABSTRAK


Latar Belakang : Menempatkan upaya penurunan AKI sebagai program prioritas penyebab langsung kematian ibu di Indonesia seperti halnya negara lain adalah perdarahan, infeksi dan eklamsi. Perdarahan dan infeksi sebagai penyebab kematian, sebenarnya tercakup pula kematian akibat keguguran terinfeksi dan partus lama. Hanya sekitar 50% kematian ibu disebabkan oleh penyakit yang memburuk akibat kehamilan, misalnya penyakit jantung dan infeksi yang kronis. Keadaan ibu sejak pra hamil dapat mempengaruhi terhadap kehamilannya, penyebab tak langsung kematian ibu ini antara lain adalah anemia, kurang energi kronis (KEK) dan keadaan “4 terlalu “ terlalu muda atau terlalu tua, terlalu sering dan terlalu banyak.


Tujuan : untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil tentang kehamilan resiko tinggi di PKD Ngudi Waras Jabung Sragen.


Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian Diskriptif Kuantitatif, lokasi penelitian di PKD Ngudi Waras Sragen pada bulan Mei sampai Juni 2012, jumlah sampel sebanyak 30 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner, sedangkan analisa data menggunakan teknik univariat.


Hasil Penelitian : Dari hasil analisis tentang karakteristik ibu hamil menunjukan responden paling banyak terdapat pada usia reproduktif yaitu umur 20-35 tahun 76,7 % dengan latar belakang pendidikan SMA 66,7 %, sedangkan dilihat dari pekerjaan sebagai petani/buruh 50 %, dilihat dari cara mendapatkan informasi 76,7 % dari tenakes/posyandu dan tingkat pengetahuan tentang kehamilan resiko tinggi mayoritas cukup baik 76,7 % .


Kesimpulan : Dari hasil penelitian didapatkan pengetahuan ibu hamil tentang kehamilan resiko tinggi di PKD Ngudi Waras Jabung Sragen sebagian besar berpengetahuan cukup baik 76,7 %.

Copyrights : Copyright � 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher ID01
OrganizationSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Contact NameSoqib Abu Hasan, A. Md
AddressJl. Jaya Wijaya No.11
CitySurakarta
RegionKadipiro
CountryIndonesia
Phone+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
Administrator E-mailsoqib_ah@rocketmail.com
CKO E-mailstikkusuma@yahoo.com