Path: Top > Skripsi Keperawatan > 2014

Pengaruh pendidikan kesehatan tentang pemeriksaan "SADARI" sebagai deteksi dini kanker payudara terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri di SMK N I Karanganyar

041/Skripsi/SKP/14
Gray literature from 01 / 2014-09-26 11:27:37
Oleh : Tri Viviyawati S10044, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2014-09-26, dengan 1 file

Keyword : Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Sikap dan Periksa Payudara Sendiri
Subjek : SADARI

Abstrak

Kanker payudara merupakan kanker nomor dua terbanyak menyerang wanita di Indonesia dan menjadi pembunuh nomor satu didunia. Salah satu cara mendeteksi dini kanker payudara yaitu dengan cara SADARI. Kebanyakan wanita tidak melakukan pemeriksaan SADARI karena kurangnya pengetahuan sehingga wanita yang melakukan SADARI masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang pemeriksaan SADARI sebagai deteksi dini kanker payudara terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri di SMK N 1 Karanganyar.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pre eksperimental dengan pretest posttest design. Penelitian ini menggunakan teknik Cluster Sampling dengan jumlah responden sebanyak 31 responden. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon dan uji McNemar. Hasil analisa data tingkat pengetahuan diperoleh nilai P Value = 0.000 dan analisa data sikap diperoleh nilai P Value = 0.000.

Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang pemeriksaan SADARI sebagai deteksi dini kanker payudara terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri di SMK N 1 Karanganyar. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat dilakukan dengan cara membandingkan pendidikan kesehatan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi dengan metode ceramah dan metode video dan dilakukan dengan dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok perlakuan.

Kata kunci : Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Sikap dan Periksa Payudara Sendiri

Daftar Pustaka : 28 ( 2000 s/d 2013 )

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : bc. Yeti Nurhayati, M. Kes.; Anita Istiningtyas, S. Kep., Ns., M. Kep.
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...