Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 A

TINGKAT PENGETAHUAN SISWI KELAS X TENTANG PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN 2013

048/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2013-12-18 09:56:00
Oleh : TRI SUSILOWATI_B10.054, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-01, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, remaja, menstruasi, personal hygiene saat menstruasi
Subjek : personal hygiene saat menstruasi

ABSTRAK

Latar Belakang: Masa remaja merupakan masa peralihan antara masa kanak kanak dan dewasa. Kejadian yang penting dalam remaja ialah pertumbuhan badan yang cepat, timbulnya ciri ciri kelamin sekunder, menstruasi dan perubahan psikis. Remaja putri yang sudah matang alat reproduksi maupun hormon hormon dalam tubuhnya akan mengalami menstruasi. Personal hygiene saat menstruasi yang perlu diperhatikan oleh remaja putri meliputi perawatan kulit dan wajah, menjaga kebersihan rambut, kebersihan tubuh dan penggunaan pembalut. Resiko yang mungkin timbul karena kurangnya pengetahuan personal hygiene adalah dapat terjadi Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Tujuan Penelitian: Tujuan umum untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswi kelas X tentang personal hygiene saat menstruasi di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, sedangkan tujuan khusus untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswi kelas X tentang personal hygiene saat menstruasi di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar pada tingkat baik, cukup dan kurang.

Metode Penelitian: Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif, penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar pada tanggal 6 April 2013, populasi penelitian 148 siswi, teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling sehingga diperoleh sampel 44 siswi. Cara pengumpulan data dengan kuesioner tertutup sedangkan teknik analisa data menggunakan analisa univariat.

Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian terhadap 44 siswi kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, yang berpengetahuan baik sebanyak 6 siswi (13,64%), berpengetahuan cukup 33 siswi (75,00%) dan yang berpengetahuan kurang 5 siswi (11,36%).

Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan siswi kelas X tentang personal hygiene saat menstruasi di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar adalah cukup yaitu sebanyak 33 siswi (75,00%).

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : ERLYN HAPSARI. S.ST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...