Path: Top > KTI Kebidanan > 2016 C

ASUHAN KEBIDANAN PADANY.B P2 A0 UMUR 40 TAHUN AKSEPTOR KB AKDR TYPE COPPER TDENGAN EROSI PORTIO DI KLINIK PRATAMA RAWAT INAP AN-NUUR COLOMADU KARANGANYAR

Undergraduate Theses from 01 / 2017-05-23 05:06:22
Oleh : Triana Solikah NIM : B13136, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2017-05-23, dengan 1 file

Keyword : Asuhan kebidanan, Keluarga Berencana , Erosi Portio

ABSTRAK

Latar Belakang : Di Indonesia memiliki berbagai macam pilihan alat kontrasepsi salah satu kontrasepsi yang sering digunakan adalah AKDR. Pada tahun 2014 pengguna alat kontrasepsi AKDR 11,29%. Di Jawa Tengah akseptor AKDR terdapat 11,22%. Alat kontrasepsi AKDR sendiri mempunyai berbagai efek keuntungan, kerugian dan efek samping. Salah satu efek samping yang sering terjadi adalah erosi portio. Jumlah akseptor AKDR di Klinik Pratama Rawat Inap An-Nuur Colomadu Karanganyar yang mengalami erosi portio terdapat 9 akseptor (20,9%). Angka erosi portio tidak terlalu tinggi tetapi juga memerlukan perhatian yang khusus.

Tujuan Studi Kasus: Melaksanakan asuhan kebidanan pada akseptor KB AKDR dengan Erosi Portio yang menggunakan proses manajemen 7 langkah Varney. Penulis mampu menganalisa kesenjangan antara teori dan kasus nyata di lapangan termasuk faktor pendukung dan penghambat.

Metodologi Penelitian :Metode yang digunakan adalah observasional deskriptif, lokasistudi kasus di Klinik Pratama Rawat Inap An-Nuur Colomadu Karanganyar, subjek studi kasus Ny.B umur 40 tahun P2 A0KB AKDR dengan Erosi Portio, waktu studi kasus dilaksanakan pada tanggal 02Mei 2016 dankunjungan klinik sebanyak 1x, alat yang digunakan untuk pengumpulan data studi kasus menggunakan format asuhan 7 langkah Varney dan data perkembangan SOAP, teknik pengumpulan data menggunakan data primer meliputi pemeriksaan fisik (inspeksi, palpasi, auskultasi, perkusi), wawancara, observasi dan data sekunder meliputi status atau dokumentasi pasien dan studi kepustakaan.

Hasil Studi Kasus: Setelah dilakukan asuhan kebidanan selama 7 hari didapat hasil bahwa erosi sudah sembuh, keadaan ibu baik, kesadaran composmentis, ibu bersedia menjaga kebersihan genetalianya dan bersedia tetap menggunakan KB AKDR.

Kesimpulan : Dalam memberikan asuhan kebidanan pada kasus Ny. B P2 A0 umur 40 tahun akseptor KB AKDR dengan Erosi Portio penulis menemukan adanya kesenjangan antara teori dan kasus.


Kata Kunci : Asuhan kebidanan, Keluarga Berencana , Erosi Portio

Kepustakaan : 29 literatur (Tahun 2005 – 2015)

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Eni Rumiyati, SST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...