Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 B

TINGKAT PENGETAHUAN IBU WANITA USIA SUBUR TENTANG PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT (IVA) DI DESA JATIMULYO KECAMATAN MANTINGAN KABUPATEN NGAWI TAHUN 2012

104/KTI/AKB/13
Undergraduate Theses from 01 / 2013-12-31 13:14:37
Oleh : TIARA HANGGAYASTI PUTRI_B10 114, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-29, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, Ibu Wanita Usia Subur, Pemeriksaan IVA
Subjek : Pemeriksaan IVA

ABSTRAK

Latar Belakang : Kejadian kanker serviks hampir 27% di antara penyakit kanker di Indonesia. Namun demikian lebih dari 70% penderita datang memeriksakan diri dalam stadium lanjut, sehingga banyak menyebabkan kematian karena terlambat ditemukan dan diobati. Tahun 1980 WHO merekomendasikan suatu pendekatan alternatif bagi Negara yang sedang berkembang dengan konsep down staging terhadap kanker serviks salah satunya adalah dengan cara inspeksi visual dengan asam asetat (IVA). Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) yaitu suatu metode pemeriksaan dengan mengoles serviks atau leher rahim menggunakan lidi wotten yang telah dicelupkan ke dalam asam asetat/asam cuka 3 s/d 5% dengan mata telanjang. Fungsi pemeriksaan IVA yaitu untuk deteksi dini/skrining mulut rahim terhadap kanker serviks.

Tujuan : Mengetahui tingkat pengetahuan Ibu Wanita Usia Subur tentang pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di Desa Jatimulyo Kecamatan Mantingan kabupaten Ngawi pada kategori baik, cukup, kurang.

Metode Penelitian : Jenis penelitian adalah deskriptif Kuantitatif, lokasi penelitian di Desa Jatimulyo Mantingan Ngawi pada tanggal 25 s/d 28 Desember 2012. Jumlah sempel sebanyak 37 ibu WUS, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan metode lottery technique. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner tertutup, sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis univariat.

Hasil Penelitian : Pengetahuan responden pada kategori baik sebanyak 2 responden (5,4%), pada kategori cukup baik sebanyak 33 responden (89,2%) dan pada kategori kurang sebanyak 2 responden (5,4%).

Kesimpulan : Tingkat pengetahuan Ibu Wanita Usia Subur tentang pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di Desa Jatimulyo Mantingan Ngawi yang paling banyak pada kategori cukup yaitu sebanyak 33 responden (89,2 %).

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Anis Nurhidayati, SST.,M.Kes, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...