Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 C

Asuhan Kebidanan Ny. T akseptor KB suntik cyclofem dengan amenore di klinik griya husada 2 karanganyar

173/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2014-01-09 13:44:42
Oleh : Sutrisni Ningsih B08111, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-11-21, dengan 1 file

Keyword : Asuhan Kebidanan Akseptor KB Suntik Cyclofem, Amenore
Subjek : Amenore

Abstrak

Latar Belakang: Salah satu metode kontrasepsi adalah KB suntik Cyclofem yang mengandung 25 mg MPA dan 5 mg estradiol sipionat (ES). Salah satu efek samping dari KB suntik Cyclofem yaitu Amenore, yang berdampak apabila tidak segera ditangani mengakibatkan kenaikan berat badan, stres dan depresi.

Tujuan: Melaksanakan asuhan kebidanan pada akseptor KB Suntik Cyclofem dengan Amenore yang menggunakan proses manajemen 7 langkah Varney. Penulis mampu menganalisa kesenjangan antara teori dan kasus nyata di lapangan termasuk faktor pendukung dan penghambat. Penulis mampu memberikan alternatif pemecahan permasalahan.

Metodologi: Jenis laporan studi kasus adalah metode deskriptif, lokasi di Klinik Griya Husada 2 Karanganyar. Subyek studi kasus Ny. T akseptor KB suntik Cyclofem, waktu pada bulan 5 s/d 11 Agustus 2013. Teknik pengambilan data antara lain data primer, meliputi pemeriksaan fisik, wawancara serta observasi dan data sekunder, meliputi studi dokumentasi dan studi kepustakaan.

Hasil: Ny. T, P1A0 umur 29 tahun akseptor KB suntik Cyclofem dengan Amenore. Terapi obat secara teratur, pemberian pil kombinasi 25 mg Estradiol 3 kali sehari untuk 3 hari. Keadaan umum ibu baik, tidak ada kecemasan, KIE tentang Amenore, ibu diharapkan untuk menjaga personal hygiene dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Ibu bersedia kontrol bila masih ada keluhan. Ibu tetap menggunakan KB suntik Cyclofem.

Kesimpulan: Setelah pelaksanaan tindakan dilakukan evaluasi hasil asuhan kebidanan selama 5 hari yang didapat yaitu keadaan umum ibu baik, tidak ada kecemasan, ibu mengerti bahwa tidak haid selama 4 bulan berturut turut yang dialaminya adalah efek samping dari KB suntik, ibu merasa senang karena sudah bisa haid lagi dan ibu tetap menggunakan KB suntik Cyclofem. Pada studi kasus ini terdapat kesenjangan antara toeri dan praktek. Ibu tetap menggunakan KB suntik Cyclofem.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Hutari Puji A, S.SiT, M.Kes, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...