Path: Top > Skripsi Keperawatan > 2014

PERSEPSI LANSIA DEPRESI TENTANG SENAM OTAK (video) DI PANTI WREDHA GRIYA SEHAT BAHAGIA KARANGANYAR

Undergraduate Theses from 01 / 2014-09-06 13:38:41
Oleh : Rizki Wahyu Jati Kusuma_S1039, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2014-09-06, dengan 1 file

Keyword : Senam Otak

Abstrak


Depresi merupakan keadaan emosional yang berhubungan dengan suatu penderitaan yang umumnya terjadi pada lansia, semakin tua manusia akan mengalami berbagai perubahan fungsi fisik dan sosial sehingga lansia akan lebih merasa kesepian dan tidak berharga. Kondisi lansia yang merasa kesepian dan tidak berharga dapat menimbulkan depresi, jika tidak segera ditangani akan mengakibatkan masalah fisik dan jiwa. Hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan tingkat depresi adalah dengan melakukan senam otak. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi lansia depresi tentang senam otak di Panti Wredha Griya Sehat Bahagia Karanganyar.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain fenomenologis dan teknik purposive sampling dengan 5 partisipan. Hasil penelitian dari tema 1) gerakan senam otak, 2) kegiatan senam otak, 3) perasaan setelah senam otak, 4) mengganggu kegiatan sehari-hari, 5) senam otak dilakukan lansia, 6) keuntungan senam otak, 7) jenis senam, 8) manfaat senam otak bagi kesehatan, 9) pengaruh senam otak terhadap pikiran, 10) pelaksanaan senam otak, 11) kondisi lingkungan senam otak, 12) rutinitas senam otak mingguan, 13) kendala senam otak, 14) kesediaan mengikuti senam otak, 15) tertarik pada senam otak, 16) respon lansia terhadap senam otak, 17) kendala yang paling menghambat senam otak, 18) penanganan kendala, menunjukkan bahwa persepsi lansia tentang senam otak yaitu gerakan badan atau senam latihan gerak untuk kesehatan fisik dan psikis, namun kendala utama untuk melakukan senam otak yaitu keadaan fisik yang sedang sakit.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan persepsi lansia depresi tentang senam otak adalah gerakan senam yang menyenangkan, mudah dan cocok untuk rutinitas kegiatan setiap hari karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja serta bisa membuat otak sehat.


Kata Kunci : Persepsi, Lansia, Depresi, Senam Otak.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Wahyuningsih Safitri, S.Kep.,Ns.,M.Kep, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...