Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 A

Tingkat Pengetahuan Ibu Bekerja yang mempunyai anak 0-6 bulan tentang ASI Eksklusif di Desa Blulukan Colomadu Karanganyar

039/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2013-12-17 14:12:47
Oleh : RINA EMY ASTUTI_B10.044, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-01, dengan 2 file

Keyword : Pengetahuan, Ibu Bekerja, ASI Eksklusif
Subjek : ASI EKSKLUSIF

Abstrak

Latar Belakang : Fenomena kurangnya pemberian ASI eksklusif disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya pengetahuan ibu yang kurang memadai tentang ASI eksklusif, beredarnya mitos pemberian ASI yang kurang baik misalnya menyusui akan mengurangi keindahan payudara, serta kesibukan ibu bekerja dan singkatnya cuti melahirkan. Dari hasil studi pendahuluan dengan melakukan wawancara dengan 10 responden. Hasil wawancara terhadap 10 responden didapatkan informasi, hanya 1 ibu (10%) dengan pengetahuan baik tentang ASI Eksklusif, 3 ibu (30%) dengan pengetahuan cukup tentang ASI Eksklusif, 6 ibu (60%) dengan pengetahuan kurang

Tujuan : Untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu bekerja yang mempunyai anak 0 s/d 6 bulan tentang ASI Eksklusif di Desa Blulukan Colomadu Karanganyar pada tingkat baik, cukup, kurang.

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Blulukan Colomadu Karanganyar pada bulan April 2013. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 ibu dengan sampling jenuh. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. penelitian hanya menggunakan variabel tunggal yaitu tingkat pengetahuan ibu yang bekerja tentang ASI Eksklusif. Analisa data hanya menggunakan analisa univariat yang menghasilkan distribusi prosentase.

Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan ibu bekerja yang mempunyai anak 0 s/d 6 bulan tentang ASI Eksklusif di Desa Blulukan Colomadu Karanganyar pada tingkat baik sebanyak 5 responden (15,6%), pengetahuan cukup sebanyak 24 responden (75,0%) dan tingkat pengetahuan kurang sebanyak 3 responden (9,4%)

Kesimpulan : Tingkat pengetahuan ibu bekerja yang mempunyai anak 0 s/d 6 bulan tentang ASI Eksklusif di Desa Blulukan Colomadu Karanganyar dari 32 responden mayoritas pada tingkat pengetahuan cukup kemungkinan dipengaruhi oleh faktor informasi dan pengalaman.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Dheny Rohmatika, S. SiT, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...