Print ...

Contributor...

  • Pembimbing : Aprilia Dyah Rahmawati, S.ST
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Downnload...

Path: Top > KTI Kebidanan > 2012 B

Asuhan Kebidanan Ibu Bersalin Kala III pada Ny. E Umur 26 Tahun G1P0A0 dengan Retensio Plasenta di RSU Assalam Gemolong Sragen Tahun 2012

098/KTI/AKB/12
Gray literature from 01 / 2013-04-12 09:10:29
By : Rika Nurmayanti B09103, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Created : 2013-01-14, with 1 files

Keyword : Asuhan Kebidanan, Ibu Bersalin, Retensio Plasenta
Subject : Retensio Plasenta

ABSTRAK


Latar Belakang : Angka kematian ibu di Indonesia adalah 226 per 100.000 kelahiran hidup. Sekitar 20 persen dari ibu melahirkan perlu penanganan khusus karena mengalami perdarahan .salah satu diantaranya adalah retensio plasenta yaitu belum lahirnya plasenta setelah setengah jam bayi lahir, sehingga memerlukan adanya pengawasan yang intensif dan penanganan yang tepat untuk mengurangi terjadinya perdarahan terutama karena retensio plasenta.


Tujuan : Mampu melaksanakan asuhan kebidanan ibu bersalin kala III dengan retensio plasenta dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan Varney.


Metode : Jenis observasional deskriptif, subyek yang diambil Ny. E dengan retensio plasenta, lokasi pengambilan kasus di RSU Assalam Gemolong Sragen, waktu pelaksanaan 17 Juni – 19 Juni 2012, instrumen yang digunakan adalah format asuhan kebidanan pada ibu bersalin dengan manajemen kebidanan 7 langkah Varney dan observasi kala IV, teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, studi dokumentasi dan studi kepustakaan.


Hasil : Setelah dilakukan asuhan kebidanan secara tepat dengan tindakan manual plasenta, pemberian uterotonika, antibiotik, perbaikan laserasi, medika mentosa dan pemberian KIE sesuai kebutuhan, hasil yang dicapai Ny. E dalam keadaan baik, vital sign normal, plasenta lahir lengkap, kontraksi uterus keras, TFU 2 jari dibawah pusat, PPV ± 30 cc, Hb 11,6 gr% dan diagnosa potensial tidak terjadi.


Kesimpulan : Pada penanganan kasus Ny. E dengan retensio plasenta ada kesenjangan antara teori yang ada dengan praktik dilapangan yaitu dalam pemberian antibiotik. Antibiotik yang digunakan adalah ceftriaxone sementara dalam teori menggunakan ampicillin, tetapi penggunaan antibiotik ini juga memmiliki indikasi yang sama yaitu perlindungan dari infeksi setelah tindakan operasi. Selain itu juga terdapat perbedaan dalam tindakan asuhan tetapi asuhan yang diberikan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan ibu.

Copyrights : Copyright � 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher ID01
OrganizationSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Contact NameSoqib Abu Hasan, A. Md
AddressJl. Jaya Wijaya No.11
CitySurakarta
RegionKadipiro
CountryIndonesia
Phone+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
Administrator E-mailsoqib_ah@rocketmail.com
CKO E-mailstikkusuma@yahoo.com