Path: Top > KTI Kebidanan > 2016 B

ASUHAN KEBIDANAN BAYI BALITA SAKIT PADA ANAK A UMUR 3 TAHUN DENGAN DIARE DEHIDRASI RINGAN DI RSUD KOTA SURAKARTA

Undergraduate Theses from 01 / 2017-05-22 06:15:42
By : Ratih Chandra Dewi NIM B13082, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Created : 2017-05-22, with 1 files

Keyword : Asuhan kebidanan, bayi balita sakit, diare dengan dehidrasi ringan

ABSTRAK

Latar Belakang:Angka Kematian Balita (AKABA) merupakan jumlah kematian balita per 1000 kelahiran hidup dalam kurun waktu satu tahun. AKABA menggambarkan tingkat permasalahan balita, tingkat pelayanan KIA/Posyandu, tingkat keberhasilan progam KIA/Posyandu dan kondisi sanitasi lingkungan. Penyebab AKB maupun AKABA tersering adalah diare (25,5%). Angka kejadian diare dehidrasi ringan di RSUD Kota Surakarta sebanyak 75 anak (70,09%). Anak sakit diare dengan dehidrasi ringan perlu mendapatkan perhatian dan penanganan yang intensif agar angka kesakitan dan kematian menurun.

Tujuan : Mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada An. A umur 3 tahun dengan diare dehidrasi ringan di RSUD Kota Surakarta menurut Varney.

Metode Penelitian : Jenis laporan studi kasus dengan metode deskriptif. Lokasi di RSUD Kota Surakarta. Waktu bulan oktober 2015 – mei 2016. Subjek adalah An. A umur 3 tahun dengan diare dehidrasi ringan. Instrumen yang digunakan format asuhan kebidanan pada balita sakit dan SOAP. Teknik pengambilan data menggunakan data primer dan sekunder.

Hasil Studi Kasus : Setelah diberikan asuhan selama 5 hari di dapatkan hasil bahwa anak tidak rewel lagi, keadaan umum baik, ubun-ubun dan mata tidak cekung, muka tidak pucat, mulut tidak kering, perut tidak kembung, turgor normal dan BAB normal 1 kali sehari dengan konsistensi lunak di sertai ampas.

Kesimpulan :Asuhan kebidanan pada balita sakit An. A umur 3 tahun dengan diare dehidrasi ringan yang dilaksanakan dengan cepat dan benar sehingga dapat mencegah terjadinya diare dehidrasi berat. Dalam tindakan segera asuhan kebidanan terdapat kesenjangan teori dan kenyataan lapangan yaitu Tindakan antisipasi pada balita sakit An. A dengan dehidrasi ringan adalah kolaborasi dengan dokter spesialis anak berupa pemberian infus RL 500cc/6 jam, terapi injeksi ondancentron 2 mg/ 8 jam, injeksi ranitidin 10 mg/ 12 jam.


Kata Kunci : Asuhan kebidanan, bayi balita sakit, diare dengan dehidrasi ringan

Kepustakaan : 31 literatur ( Tahun 2005 - 2015 )

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher ID01
OrganizationSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Contact NameSoqib Abu Hasan, A. Md
AddressJl. Jaya Wijaya No.11
CitySurakarta
RegionKadipiro
CountryIndonesia
Phone+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
Administrator E-mailsoqib_ah@rocketmail.com
CKO E-mailstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Contributor...

  • Wahyu Dwi Agussafutri, SST,M.PH, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Downnload...