Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Annisaul Khoiriyah, SST
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...

Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 B

TINGKAT PENGETAHUAN IBU MENYUSUI TENTANG GIZI SEIMBANG SAAT MENYUSUI DI DESA KARUNGAN KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2013

093/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2013-12-31 09:20:18
Oleh : PUJI ASTUTIK_B 10.101, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-29, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, Ibu Menyusui, Gizi Seimbang saat Menyusui
Subjek : Gizi Seimbang saat Menyusui

ABSTRAK

Latar Belakang : Sampai saat ini Indonesia masih termasuk kategori negara dengan Angka Kematian Bayi (AKB) yang tinggi. Kematian anak Indonesia setiap tahunnya dapat dicegah melalui pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif selama 6 bulan sejak kelahiran bayi. Menyusui akan menjamin bayi tetap sehat dan memulai kehidupannya dengan cara yang paling sehat. Setiap ibu agar dapat menyusui harus dalam kondisi yang sehat dan harus memenuhi nutrisi yang mengandung tiga zat gizi utama yang cukup jumlahnya, baik zat tenaga, zat pembangun maupun zat pengatur. Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada bulan Oktober 2012 di Desa Karungan Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen dari 10 ibu menyusui hanya 3 (30%) orang ibu memiliki pengetahuan baik.

Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang gizi seimbang saat menyusui di Desa Karungan Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen pada tingkat baik, cukup dan kurang.

Metode Penelitian : Jenis penelitian deskriptif kuantitatif, lokasi penelitian di Desa Karungan Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 14 s/d 22 Februari 2013. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling dengan jumlah responden 50 orang, instrumen penelitian menggunakan kuesioner, teknik analisis data dengan analisis univariat menggunakan dsitribusi frekuensi dengan bantuan program SPSS.

Hasil Penelitian : Hasil penelitian terhadap 50 ibu menyusui di Desa Karungan Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen diperoleh hasil yang memiliki pengetahuan berkategori baik sebanyak 7 responden (14%), pengetahuan cukup sebanyak 38 responden (76%) dan pengetahuan kurang sebanyak 5 responden (10%).

Simpulan : Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu menyusui di Desa Karungan Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen mempunyai pengetahuan yang cukup tentang gizi seimbang saat menyusui yaitu sebanyak 38 responden (76%) yang dipengaruhi oleh pendidikan dan umur.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com