Path: Top > Skripsi Keperawatan > 2014

STATUS HIDRASI PADA REMAJA OBESITAS DAN NON OBESITAS

Undergraduate Theses from 01 / 2014-08-25 10:48:40
Oleh : Priska Anugrah Winanti_S10035, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2014-08-25, dengan 1 file

Keyword : status hidrasi

Abstrak


Status hidrasi merupakan suatu kondisi atau keadaan yang menggambarkan jumlah cairan dalam tubuh seseorang. Dehidrasi pada remaja semakin meningkat, hal ini disebabkan karena kurangnya konsumsi cairan pada remaja. Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui status hidrasi pada remaja obesitas dan non obesitas SMP Kristen 1 Surakarta. Tujuan khusus penelitaian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan pada remaja tentang cairan dan status hidrasi dan faktor yang mempengaruhi status hidrasi SMP Kristen 1 Surakarta.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi atau desain Case Study.Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive samplingInformasi dari sumber data ini dikumpulkan dengan teknik wawancara, dalam penelitian kualitatif khususnya dilakukan dalam bentuk yang disebut wawancara mendalam.

Hasil penelitian menunjukan remaja yang obesitas lebih sering mendapatkan cairan yang lebih dari makan dan minum, tetapi status hidrasi masih termasuk kurang karena kebutuhan caiaran remaja yang obesitas lebih banyak daripada anak yang non obesitas, pada remaja obesitas dapat dilihat dari sampel urine, warna urin pekat dapat di lihat melalui kartu PURI yang berarti kurang terhidrasi dengan baik atau kekurangan cairan. Sedangkan pada remaja yang non obesitas sampel urine menunjukan terhidrasi dengan baik. Memenuhi asupan cairan yang sesuai dengan kebutuhan cairan tubuh, terutama pada remaja yang mengalami obesitas supaya tidak mengalami dehidrasi.



Kata Kunci : status hidrasi, remaja, obesitas, non obesitas

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Wahyu Rima Agustin,S.Kep., Ns., M.Kep, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...