Path: Top > Skripsi Keperawatan > 2014

Penggunaan ekstrak Allium sativum untuk perawatan luka gigitan ular kobra

031/Skripsi/SKP/14
Gray literature from 01 / 2014-09-24 15:00:54
Oleh : Pitriono S10034, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2014-09-24, dengan 1 file

Keyword : Bisa Ular Kobra, Allium sativum, Ekstrak dan Luka
Subjek : Ekstrak dan Luka

Abstrak

Kematian akibat gigitan hewan berbisa sering dikarenakan oleh gigitan ular. Masyarakat yang tinggal jauh dari instasi kesehatan dalam beberapa kasus mengalami kelangkaan antivenom. Bawang putih (Allium sativum) diharapkan dapat menghambat dampak dari bisa ular kobra (Fosfolipase A2). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ekstrak Allium sativum terhadap penyembuhan luka akibat gigitan ular.

Penelitian ini merupakan bentuk penelitian kualitatif klinis dengan desain Case Study menggunakan mencit sebagai binatang percobaan dengan pemberian injeksi dan tusukkan yang disertai olesan bisa ular kobra. Hal-hal yang diobservasi : lama pertahanan hidup mencit, edema, luka, dan kekuatan ekstremitas. Hasil uji coba didiskusikan dengan 2 orang pakar kimia dan analisis yang digunakan adalah model analisis interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak cair Allium sativum dengan dosis 3 mg mampu memperpanjang hidup mencit yang telah diinjeksi bisa ular kobra. Ekstrak cair Allium sativum mampu merubah warna edema pada kulit mencit dari hitam menjadi pucat. Kecepatan ekstrak krim dari Allium sativum dalam menyembuhkan luka lebih lambat dibandingkan luka yang tanpa pemberian terapi ekstrak. Kekuatan ekstremitas mencit dipengaruhi oleh sistem imun mencit tersebut dan memperoleh dukungan dari kandungan antioksidan Allium sativum.

Penyembuhan luka akibat gigitan ular kobra dengan menggunakan ekstrak krim Allium sativum tidak efektif untuk menyembuhkan luka, tetapi ekstrak cair Allium sativum mampu mengatasi gejala gigitan ular kobra sebelum terjadinya luka.

Kata Kunci : Bisa Ular Kobra, Allium sativum, Ekstrak dan Luka

Daftar pustaka : 42 (1999 s/d 2013)

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Prof. Dr. Hermanu Joebagjo, M.Pd; Happy Indri Hapsari, S. Kep., Ns., M. Kep., Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...