Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 C

TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PRE EKLAMPSIA DI DESA BRUJUL JATEN KARANGANYAR TAHUN 2013

147/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2014-01-09 08:26:35
Oleh : NURUL PERDANIA LISDIANDARI_B10.158, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-11, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, Hamil, pre eklampsia
Subjek : pre eklampsia

ABSTRAK

Latar Belakang : Sindroma pre eklampsia ringan dengan hipertensi, edema dan proteinuria sering tidak diketahui atau tidak diperhatikan oleh wanita yang bersangkutan, sehingga tanpa disadari dalam waktu singkat dapat timbul pre eklampsia berat bahkan eklampsia. Dengan pengetahuan ini menjadi jelas bahwa pemeriksaan antenatal yang teratur dan yang secara rutin mencari tanda tanda pre eklampsia sangat penting dalam usaha pencegahan pre eklampsia. Setelah dilakukan wawancara terhadap 10 ibu hamil tentang pre eklampsia 7 dari ibu hamil belum mengetahui tentang pre eklampsia dalam kehamilan dan 3 ibu hamil sudah mengetahui pre eklampsia.

Tujuan : Mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil tentang pre eklampsia di Desa Brujul, Jaten Karanganyar.

Metode Penelitian : Desain penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Brujul, Jaten Karanganyar pada tanggal 17 Maret 2013 pada saat kelas hamil. Sampel dalam penelitian ini adalah 44 ibu hamil, pengambilan sampel yaitu dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Cara pengumpulan data berasal dari data primer dan data sekunder. Metode pengolahan dan analisa data meliputi Editing (penyuntingan), Coding, memasukkan data (Data Entri) atau processing, pembersihan data (Cleaning). Etika Penelitian meliputi Informed Consent ( lembar persetujuan menjadi responden), Anonimity (tanpa nama), Confidentiality (kerahasiaan). Analisa menggunakan analisa univariat.

Hasil Penelitian : Berdasarkan penelitian tingkat pengetahuan 5 responden (11,4%) dengan pengetahuan baik tentang pre eklampsia, sebanyak 33 responden (75%) dengan tingkat pengetahuan cukup tentang pre eklampsia dan sebanyak 6 responden (13,6%) dengan tingkat pengetahuan kurang tentang pre eklampsia.

Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan ibu hamil tentang pre eklampsia kebanyakan pada tingkat cukup.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Deny Eka Widyastuti,SST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...