Path: Top > Skripsi Keperawatan > 2014

PERSEPSI IBU TENTANG KARIES GIGI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK DHARMA WANITA KECAMATAN KEMUSUBOYOLALI

Undergraduate Theses from 01 / 2014-08-30 13:48:06
Oleh : Nuning Puspitoningsih_S10031, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2014-08-30, dengan 1 file

Keyword : karies gigi

Abstrak


Kesehatan gigi dan mulut bagi usia prasekolah merupakan hal yang perlu mendapat perhatian serius. Penyakit gigi dan mulut yang sering terjadi pada anak usia prasekolah antara lain karies gigi, yaitu rusaknya jaringan keras gigi yang disebabkan oleh asam dalam karbohidarat melalui perantara mikroorganisme yang ada dalam saliva.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi persepsi ibu terhadap karies gigi anak usia pra sekolah di TK Dharma Wanita Kecamatan Kemusu Boyolali.

Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif fenomenologis dengan teknik purposive sampling yang melibatkan 5 informan. Pengumpulan data dilakukan dengan in-depth interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karies gigi merupakan rusaknya jaringan gigi yang ditandai gigi berlubang,hitam dan geropos. Perawatan karies gigi yang dilakukan yaitu gosok gigi, namun ibu tidak menerapkan kedisiplinan pada anak dalam melakukan gosok gigi. Karies gigi disebabkan oleh konsumsi makanan manis.

Kesimpulan dari penelitian ini, ibu mempersepsikan penyebab utama karies gigi yaitu konsumsi makanan manis seperti permen dan coklat. Dampak karies gigi yaitu anak merasakan sakit, susah makan, berat badan menurun, perubahan warna gigi dan terganggunya kegiatan belajar. Berdasarkan hal tersebut diharapkan para tenaga kesehatan memberikan pendidikan kesehatan mengenai kesehatan gigi pada masyarakat dan memberikan pengobatan bagi anak yang mengalami karies gigi.


Kata Kunci : persepsi, ibu, karies gigi, usia prasekolah

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Wahyuningsih Safitri, S.Kep.,Ns.,M.Kep, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...