Path: Top > KTI Kebidanan > 2012 B

Tingkat Kecemasan Wanita Premenopause dalam Menghadapi Masa Menopause Di Dusun Kedung Ringin Desa Kedung Waduk Kecamatan Karang Malang Sragen

094/KTI/AKB/12
Gray literature from 01 / 2013-04-12 09:42:22
By : Novita Fitri Maysarah B09098, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Created : 2013-01-14, with 1 files

Keyword : Tingkat Kecemasan, Wanita Premenopause, Menopause
Subject : Menopause

ABSTRAK


Latar Belakang : Menopause dikenal sebagai masa berakhirnya menstruasi atau haid, dan sering dianggap menjadi momok dalam kehidupan wanita. Sebagian besar wanita mulai mengalami gejala menopause pada usai 40-an dan puncaknya tercapai pada usia 50 tahun. Kecemasan yang muncul pada wanita yang mengalami menopause sering dihubungkan dengan adanya kekhawatiran dalam menghadapi suatu situasi yang sebelumnya belum pernah dialaminya. Diperkirakan jumlah orang yang mengalami kecemasan baik akut maupun kronis mencapai 5% dari jumlah penduduk.


Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecemasan wanita premenopause dalam menghadapi masa menopause di dusun Kedung Ringin desa Kedungwaduk Kecamatan Karangmalang Sragen.


Metode penelitian : Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, lokasi dan waktu penelitian di Dusun Kedung Ringin Desa Kedungwaduk Kecamatan Karangmalang Sragen tanggal 16 Juni 2012, populasi penelitian 56 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dengan metode Hamilton Ratting Scale For Anxienty (HRS-A), teknik analisa data menggunakan univariat.


Hasil penelitian : Dari hasil penelitian terhadap 56 responden, diperoleh hasil responden mempunyai tingkat kecemasan ringan sebanyak 24 responden (43%), tingkat kecemasan sedang sebanyak 18 responden (32%), tidak ada kecemasan sebanyak 11 responden (20%), tingkat kecemasan berat sebanyak 3 responden (5%), dan tidak ada responden yang mengalami kecemasan sampai tingkat panik.


Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar tingkat kecemasan responden dalam ketegori ringan sebanyak 24 responden (43%)

Copyrights : Copyright � 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher ID01
OrganizationSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Contact NameSoqib Abu Hasan, A. Md
AddressJl. Jaya Wijaya No.11
CitySurakarta
RegionKadipiro
CountryIndonesia
Phone+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
Administrator E-mailsoqib_ah@rocketmail.com
CKO E-mailstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Contributor...

  • Pembimbing : Desy Handayani, S.ST, M.Kes.
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Downnload...