Path: Top > KTI Kebidanan > 2012 B

Asuhan Kebidanan Gangguan Reproduksi pada Ny. S Post Histerektomi Atas Indikasi Mioma Uteri di RSUD Dr. Moewardi Surakarta Tahun 2012

093/KTI/AKB/12
Gray literature from 01 / 2013-04-13 10:15:23
Oleh : Novia Hendri Purwati B09097, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-01-14, dengan 1 file

Keyword : Asuhan Kebidanan, Gangguan Reproduksi Post Histerektomi, Mioma Uteri
Subjek : Mioma Uteri

ABSTRAK


Latar Belakang : Ada berbagai macam gangguan reproduksi seperti gangguan menstruasi, syndrom premenstruasi, tumor yang berasal dari otot uterus atau yang di sebut mioma uteri . Gangguan sistem reproduksi yang sering terjadi pada wanita adalah mioma uteri. Penanganan mioma uteri dengan cara histerektomi dan miomektomi. Histerektomi adalah pengangkatan uterus yang umumnya tindakan terpilih. Histerektomi dapat dilaksanakan perabdominan atau pervaginam. Kasus post histerektomi apabila tidak segera ditangani akan menyebabkan infeksi dan juga penyembuhan luka insisi yang cukup lama serta perdarahan pada kasus mioma uteri, adanya pendarahan dan perlunya pengawasan dan observasi karena dapat menyebabkan kematian ibu.


Tujuan : Memperoleh pengalaman secara nyata, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bagi penulis dalam memberikan Asuhan Kebidanan pada penderita mioma uteri dengan pendekatan 7 langkah Varney.


Metode Penelitian Karya Tulis Ilmiah ini merupakan bentuk laporan studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif . Studi kasus ini dilaksanakan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Subyek studi kasus adalah Ibu nifas Ny. S dengan pada tanggal pada tanggal 10 – 16 Agustus 2012. Pada kasus ini instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data dengan menggunakan format asuhan kebidanan pada gangguan system reproduksi dan data lembar status atau dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada klien adalah dengan cara mengambil data primer dan data sekunder.


Hasil Penelitian : Pada kasus Ny.S dengan post histerektomi atas indikasi mioma uteri setelah dilakukan asuhan selama 10 hari yaitu mengobservasi KU, TTV, luka bekas operasi, tetesan infus, jumlah urine, memberitahu ibu puasa sampai flatus, memberi dukungan moril, memberi terapi didapatkan hasil sebelum pulang keadaan ibu baik, tidak ada perdarahan, tidak ada pus, tidak berbau pada luka jahitan post histerektomi dan pada waktu kontrol ibu mengatakan sudah mampu melakukan kegiatan kecil seperti menyapu dan memasak


Kesimpulan : Dalam kasus ini tidak terjadi kesenjangan antara teori dengan praktek.

Copyrights : Copyright � 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Retno Wulandari, S.ST
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...