Path: Top > KTI Kebidanan > 2016 C

ASUHAN KEBIDANAN BAYI BARU LAHIR PADA BAYI Ny. SUMUR 0 HARIDENGAN ASFIKSIA SEDANG DI RSUD KARANGANYAR

Undergraduate Theses from 01 / 2017-05-23 05:22:56
Oleh : Nita Andi Romadhoni NIM B13121, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2017-05-23, dengan 1 file

Keyword : Asuhan Kebidanan, Bayi Baru Lahir, Asfiksia Sedang

ABSTRAK

Latar Belakang : Menurut data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012 angka kematian bayi sebesar 32 kematian/1000 kelahiran hidup. Salah satu penyebabnya adalah asfiksia. Asfiksia merupakan urutan pertama penyebab kematian neonatus di negara berkembang setelah itu pneumonia dan tetanus neonatorumAsfiksia adalah kegagalan untuk memulai dan melanjutkan pernafasan secara spontan dan teratur pada saat bayi lahir atau beberapa saat sesudah lahir. Angka kejadian asfiksia sedang di RSUD Karanganyar adalahsebesar 900 bayi (45,7%)

Tujuan : Melakukan asuhan kebidanan pada bayi baru lahir umur 0 hari dengan asfiksia sedang sesuai dengan standar pelayanan kebidanan menurt manajemen kebidanan Varney

Metodologi : Jenis studi kasus menggunakan metode deskriptif, lokasi pengambilan kasus di RSUD Karanganyar, subjek study kasus yaitu Bayi Ny. S Umur 0 Hari, dengan Asfiksia Sedang, waktu studi kasus pada tanggal 25 April 2016 sampai 28 April 2016, instrumen yang digunakan adalah format asuhan kebidanan bayi baru lahir. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder.

Hasil : Dari pengkajian bayi Ny. S dengan asfiksia sedang diketahui nilai APGAR score pada menit pertama 5, warna kulit tubuh pucat, ektremitas biru, reflek lemah, aktivitas kurang, hidung terdapat secret. Asuhan yang diberikan adalah meringkan tubuh bayi, membersihkan jalan nafas bayi dari mulut ke hidung, melakukan Resusitasi pada bayi memberi terapi dan tindakan selanjutnya dengan rawat di incubator lalu pasang O2 2 liter/ menit dengan penutup kepala

Kesimpulan : Asuhan kebidanan bayi baru lahir pada bayi Ny. S dengan asfiksia sedang dan dalam pelaksanaanya ada sedikit kesenjangan antara teori dan praktek pada perencanan dan pelaksanaan yaitu, pemasangan oksigen 2 liter/ menit. Tetapi hal tersebut tidak menjadi suatu masalah.


Kata Kunci : Asuhan Kebidanan, Bayi Baru Lahir, Asfiksia Sedang

Keputakaan : 33 Literatur (2005 s/d 2015)

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Kartika Dian Listiani,S.ST,M.Sc, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...