Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 C

TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG KANKER PAYUDARA DI DESA PATIHAN KECAMATAN SIDOHARJO KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2013

171/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2014-01-09 13:23:51
Oleh : NIKMAH SHOFIANA_B10.184, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-24, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, Kanker Payudara, Ibu
Subjek : kanker payudara

ABSTRAK

Latar Belakang : Kanker payudara merupakan angka kematian nomor dua setelah kanker serviks. Kanker payudara disebut juga carcinoma mammae adalah sebuah tumor ganas yang tumbuh dalam jaringan payudara. Tumor ini dapat tumbuh dalam kelenjar susu, jaringan lemak, maupun pada jaringan ikat payudara Tingkat pemahaman masyarakat yang masih rendah dan adanya mitos yang keliru tentang menjadi salah satu faktor penyebab keterlambatan penanganan kanker payudara di Indonesia. Berdasarkan survei pendahuluan setelah dilakukan wawancara terhadap 10 ibu didapatkan hasil 7 ibu dengan tidak tahu tentang kanker payudara, sedangkan 3 mengetahui tentang kanker payudara.

Tujuan : Mengetahui tingkat pengetahuan ibu tentang kanker payudara di Desa Patihan Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen tahun 2013 pada tingkat baik, cukup, kurang.

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Patihan Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen pada tanggal 23 Maret s/d 7 April 2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 32 ibu. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Cara pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan lembar pernyataan dan membagikan kuesioner. Variabel penelitian yaitu tingkat pengetahuan ibu tentang kanker payudara. Analisa data menggunakan analisa univariat yang menghasilkan distribusi prosentase.

Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan ibu tentang kanker payudara di Desa Patihan Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen pada tingkat baik sebanyak 5 responden (15,6%), tingkat pengetahuan cukup sebanyak 22 responden (68,8%). tingkat pengetahuan kurang sebanyak 5 responden (15,6%)

Kesimpulan : hasil penelitian menunjukkan pengetahuan ibu tentang kanker payudara di Desa Patihan Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen pada tingkat cukup sebanyak 22 responden (68,8%)

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Ernawati, SST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...