Print ...

Contributor...

  • pembimbing : Anis Nurhidayati, SST.,M.Kes, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Downnload...

Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 C

ASUHAN KEBIDANAN IBU HAMIL TRIMESTER III PADA Ny.S G4 P3 A0 DENGAN PRE EKLAMPSI BERAT DI RSU ASSALAM GEMOLONG SRAGEN TAHUN 2013

143/KTI/AKB/13
Undergraduate Theses from 01 / 2014-01-08 14:04:15
By : NANDI SARI ADI UTAMI_B10.154, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Created : 2013-10-24, with 1 files

Keyword : Asuhan Kebidanan Ibu Hamil, Pre Eklampsi Berat
Subject : Pre Eklampsia Berat

ABSTRAK

Latar belakang : Survey Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) pada tahun 2007, Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia sebesar 228 per 100.000 kelahiran hidup. Penyebab kematian ibu yang paling umum di Indonesia adalah penyebab obstetri langsung yaitu perdarahan 28 %, pre eklampsi/ eklampsi 24 %, infeksi 11 %, sedangkan penyebab tidak langsung adalah trauma obstetri 5 % dan lain lain 11 %. Pre eklampsi adalah tekanan darah tinggi yang disertai dengan proteinuria (protein dalam air kemih) yang terjadi pada kehamilan 20 minggu sampai akhir minggu pertama setelah persalinan terjadi. Pre eklampsi dapat menyebabkan perdarahan otak, kejang, kematian, kegawat daruratan janin dan kematian janin. Di RSU Assalam dari bulan Januari sampai Oktober 2012 terdapat 1842 ibu hamil, dengan ibu hamil yang menderita pre eklampsi berat ada 45 orang.

Tujuan : Melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu hamil pre eklampsi berat dengan asuhan kebidanan menurut Varney, menganalisa kesenjangan antara teori dan kasus nyata di lapangan termasuk faktor pendukung dan faktor penghambat, memberikan alternatif pemecahan masalah pada ibu hamil dengan pre eklampsi berat, mendokumentasikan asuhan kebidanan pada ibu hamil dengan pre eklampsi berat.

Metodologi : Jenis laporan studi kasus menggunakan asuhan kebidanan manajemen Varney yang terdiri dari 7 langkah, dilaksanakan di RSU Assalam Gemolong Sragen, Subyek studi kasus ibu hamil Ny.S dengan pre eklampsi berat dilaksanakan pada tanggal 20 s/d 23 Mei 2013. Instrumen studi kasus dengan menggunakan format asuhan kebidanan pada ibu hamil dengan pre eklampsi berat dengan 7 langkah varney dan SOAP untuk data perkembangan, teknik pengumpulan data dengan wawancara, pengamatan, pemeriksaan fisik.

Hasil : Setelah diberikan asuhan kebidanan selama 4 hari tekanan darah sudah turun menjadi 140/90 mmHg, protein urine + dan ibu sudah tidak merasa pusing lagi, tetapi perlu dilakukan pengawasan dengan kontrol 1 minggu sehingga bila terjadi sesuatu yang tidak diingikan akan cepat teratasi.

Kesimpulan : Pada kasus ini terdapat kesenjangan antara teori dan lahan praktek pada pengkajian dalam teori pemeriksaan laboratorium protein urine (++++) dan pada kasus pemeriksaan urine (++).

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher ID01
OrganizationSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Contact NameSoqib Abu Hasan, A. Md
AddressJl. Jaya Wijaya No.11
CitySurakarta
RegionKadipiro
CountryIndonesia
Phone+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
Administrator E-mailsoqib_ah@rocketmail.com
CKO E-mailstikkusuma@yahoo.com