Path: Top > Artikel Jurnal Skripsi Keperawatan > ARTIKEL ST TAHUN 2019

PERBANDINGAN PENGARUH PENYULUHAN KESEHATANMETODE AUDIOVISUAL DAN DEMONSTRASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENGGOSOK GIGI SISWA KELAS 3 SD AL-ISLAM 3 GEBANG SURAKARTA

Undergraduate Theses from 01 / 2019-03-02 11:24:05
By : MUKHAMAD BAHTIYAR RIFAI ST171043, Eldersc0de
Created : 2019-03-02, with 1 files

Keyword : Pengetahuan menggosok gigi, Audiovisual, Demonstrasi, Kelas 3

PERBANDINGAN PENGARUH PENYULUHAN KESEHATANMETODE AUDIOVISUAL DAN DEMONSTRASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENGGOSOK GIGI SISWA KELAS 3 SD AL-ISLAM 3 GEBANG SURAKARTA


Mukhamad Bahtiyar Rifai1)S Dwi Sulisetyawati2)Nurul Devi Ardiani3)


1)Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan STIKes Kusuma Husada Surakarta

bahtiyarrifai88@gmail.com


2)Dosen Program Studi Sarjana Keperawatan STIKes Kusuma Husada Surakarta

3)Dosen Program Studi D3 Keperawatan STIKes Kusuma Husada Surakarta


ABSTRAK


Kesehatan gigi merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Gigi yang tidak sehat akan menimbulkan banyak masalah seperti karies gigi dan plak gigi. Penyuluhan kesehatan banyak metode, diantaranya metode Audiovisual dan Demonstrasi. Metode Audiovisual menggunakan pemutaran animasi sedangkan Demonstrasi di peragakan di depan responden. Tujuan penyuluhan kesehatan untuk mencegah sedini mungkin masalah-masalah pada gigi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experiment dengan pre test-post test nonequivalent control design. Teknik sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 50 responden. Uji analisa data menggunakan Wilcoxon test dan Mann whitney test.Tingkat pengetahuan siswa kelas 3 sebelum metode audiovisual 80% cukup, sebelum demonstrasi 80% cukup, sesudah metode audiovisual 88% baik, sesudah demonstrasi 72% baik. Perbedaan tingkat pengetahuan menggosok gigi sebelum metode audiovisual dan sesudah metode audiovisual (p< 0,05), sebelum demonstrasi dan sesudah demonstrasi (p< 0,05), hal ini menunjukkan bahwa metode audiovisual dan demonstrasi efektif uktuk meningkatkan tingkat pengetahuan menggosok gigi. Perbedaan tingkat pengetahuan menggosok gigi setelah metode audiovisual dan setelah demonstrasi dengan nilai (,007:,007) dari nilai rata-rata tersebut, kedua metode menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara metode audiovisual dan demonstrasi terhadap pengetahuan menggosok gigi .Dapat ditarik kesimpulan bahwa metode audiovisual dan demonstrasi sama-sama efektifnya untuk meningkatkan pengetahuan menggosok gigi pada siswa kelas 3 SD Al-Islam 3 Gebang Surakarta.


Kata kunci : Pengetahuan menggosok gigi, Audiovisual, Demonstrasi, Siswa kelas 3

Description Alternative :

ABSTRACT


The dental health is an unseparated aspect from the health in a whole. Unhealthy teeth will cause many dental problems, such as tooth decay and tooth plaque. There are many health counselling methods, for example audiovisual methods and demonstrations. Audiovisual methods use animation while demonstrations are demonstrated to the respondents. The purpose of this health counselling is to prevent dental problems as early as possible.The study used quasi-experimental research methods with pretest-posttest nonequivalent control design. Sampling technique used purposive sampling with 50 respondents. The data analysis test used Wilcoxon Test and Mann Whitney Test.The knowledge level of grade three students was 80% sufficient before audiovisual methods, 88% sufficient before demonstrations, 88% good after audiovisual methods, and 72% good after demonstrations. The difference of the tooth brushing knowledge level before and after audiovisual methods is (p< 0,05), while the difference between before and after demonstrations is (p< 0,05). This shows that both audiovisual methods and demonstrations are effective to improve the tooth brushing knowledge level. The ratio of the tooth brushing knowledge level after audiovisual methods to after demonstrations is (,007:,007). From the average score, both methods show that there is no difference between audiovisual methods and demonstrations toward the tooth brushing knowledge.The conclusion is audiovisual methods and demonstrations are both effective to improve the tooth brushing knowledge toward grade three students of Al-Islam 3 Gebang Surkarta Elementary School.

Keywords: Tooth brushing knowledge, Audiovisual, Demonstrations, grade three

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher ID01
OrganizationEldersc0de
Contact NameSoqib Abu Hasan, A. Md
AddressJl. Jaya Wijaya No.11
CitySurakarta
RegionKadipiro
CountryIndonesia
Phone+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
Administrator E-mailsoqib_ah@rocketmail.com
CKO E-mailstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Contributor...

  • Ns. S Dwi Sulisetyawati, M.Kep

    Ns. Nurul Devi Ardiani, M.Kep, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Downnload...