Path: Top > Skripsi Keperawatan > 2014

Reproduksi wanita pernikahan usia dini

025/Skripsi/SKP/14
Gray literature from 01 / 2014-09-25 14:14:28
Oleh : Miftahur Rohmah S10028, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2014-09-25, dengan 1 file

Keyword : Pernikahan Usia Dini, Sectio Caesarea
Subjek : Sectio Caesarea

Abstrak

Pernikahan usia muda merupakan pernikahan dibawah usia yang seharusnya belum siap untuk melaksanakan pernikahan. Batasan usia pernikahan yang normal, berdasarkan pernikahan usia sehat adalah usia 25 tahun untuk laki-laki dan 20 tahun untuk perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang alasan wanita yang menikah pada usia dini dan menjelaskan tentang proses kelahiran pada wanita yang menikah di usia dini.

Metode yang digunakan adalah fenomenologi deskriptif dengan metode Colaizzi dengan jumlah informan 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan seorang wanita melakukan pernikahan usia dini yaitu karena faktor intern maupun ekstern. Sebab intern antara lain: kesadaran individu, perasaan dan juga status dalam keluarga. Sedangkan sebab ekstern antara lain : faktor ekonomi, paksaan orang tua dan adat istiadat. Selain itu, terdapat pula dampak pernikahan usia dini, baik dari psikologis maupun kesehatan. Dampak dari segi psikologis adalah stres, sedangkan dampak dari segi kesehatan adalah terjadinya proses sectio caesarea saat proses persalinan dikarenakan beberapa alasan yaitu anatomis panggul ibu, keadaan air ketuban, letak janin maupun usia kehamilan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah kehamilan usia muda merupakan kehamilan dengan banyak risiko, baik dari segi psikologis maupun dari segi kesehatan. Perlu dilakukan penelitian kualitatif lebih lanjut untuk mengetahui lebih dalam tentang faktor penyebab dan dampak pernikahan usia dini kearah yang lebih luas.

Kata kunci : Pernikahan usia dini, Sectio caesarea

Daftar pustaka : 29 (1999 s/d 2013

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : bc. Yeti Nurhayati, M. Kes.; Anita Istiningtyas, S. Kep., Ns., M. Kep.
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...