Path: Top > KTI Kebidanan > 2012 B

Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil tentang ASI Eksklusif di Desa Ngrambe Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi

089/KTI/AKB/12
Gray literature from 01 / 2013-04-15 09:00:28
By : Luwis Megawati B09092, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Created : 2013-01-14, with 1 files

Keyword : Pengetahuan, Ibu Hamil, ASI Eksklusif
Subject : ASI Eksklusif

ABSTRAK


Latar Belakang : ASI eksklusif yang diberikan sampai bayi berusia 6 bulan sangat penting untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) kita di masa yang akan datang dan kecerdasan yang optimal. Bagi ibu dan bayi ASI Eksklusif menyebabkan mudahnya terjalin ikatan kasih sayang yang mesra antara ibu dan bayi baru lahir. Kemampuan ibu untuk menyusui harus dipelajari karena tidak secara refleks. Para ibu harus menerima banyak informasi secara benar mengenai ASI untuk mencapai keberhasilan menyusui, berarti mereka perlu pengetahuan lebih awal.


Tujuan : Untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil tentang ASI eksklusif di Desa Ngrambe Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi pada tingkat baik, cukup, dan kurang.


Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dilakukan di Desa Ngrambe Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi pada bulan Juni 2012. Jumlah sampel sebanyak 41 ibu hamil, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner, sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan analisis univariat.


Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan ibu hamil tentang ASI Eksklusif di Desa Ngrambe Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi dapat dikategorikan pengetahuan baik sebanyak 4 responden (9,8%), pengetahuan cukup sebanyak 29 responden (70,7%) dan pengetahuan kurang sebanyak 8 responden (19,5%).


Kesimpulan : Jadi tingkat pengetahuan ibu hamil tentang ASI Eksklusif di Desa Ngrambe Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi dapat dikategorikan dalam pengetahuan cukup yaitu sebanyak 29 responden (70,7%), yang dipengaruhi oleh informasi yang didapat baik dari media cetak maupun media elektronik, pengalaman ibu yang sudah pernah menyusui, serta pendidikan kesehatan dari bidan maupun tenaga kesehatan.

Copyrights : Copyright � 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher ID01
OrganizationSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Contact NameSoqib Abu Hasan, A. Md
AddressJl. Jaya Wijaya No.11
CitySurakarta
RegionKadipiro
CountryIndonesia
Phone+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
Administrator E-mailsoqib_ah@rocketmail.com
CKO E-mailstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Contributor...

  • Pembimbing : Annisaul Khoiriyah, S.ST
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Downnload...