Path: Top > KTI Kebidanan > 2012 B

Asuhan Kebidanan Gangguan Reproduksi pada Ny. N Post Histerektomi dengan Indikasi Mioma Uteri di RSUD Dr. Moewardi Surakarta Tahun 2012

088/KTI/AKB/12
Gray literature from 01 / 2013-04-15 09:10:06
By : Lisa Laurensia B09091, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Created : 2013-01-14, with 1 files

Keyword : Asuhan Kebidanan, Gangguan Reproduksi, Post Histerektomi, Mioma Uteri
Subject : Mioma Uteri

ABSTRAK


Latar Belakang : Mioma uteri adalah tumor jinak yang berasal dari sel-sel otot polos yang mengandung sejumlah jaringan ikat yang berbeda yang mungkin terdiri dari sel-sel otot polos yang telah mengalami degenerasi. Mioma uteri ini sering kali terjadi tanpa disertai gejala (asimtomatik), dan seringkali ditemukan saat pemeriksaan panggul. Kasus post histerektomi apabila tidak segera ditangani akan menyebabkan infeksi dan juga penyembuhan luka insisi yang cukup lama serta perdarahan pada kasus mioma uteri, adanya pendarahan dan perlunya pengawasan dan observasi karena dapat menyebabkan kematian ibu


Tujuan : Memperoleh pengalaman secara nyata, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bagi penulis dalam memberikan asuhan kebidanan gangguan reproduksi post histerektomi dengan mioma uteri dengan pendekatan 7 langkah Varney, mampu menganalisa kesenjangan antara teori dan praktek, mampu memberikan alternatif pemecahan masalah pada kasus gangguan reproduksi pada Ny. N post histerektomi dengan mioma uteri.


Metode : Jenis studi kasus menggunakan metode deskriptif, lokasi studi kasus di RSUD Dr. Moewardi Surakarta, subjek studi kasus yaitu Ny. N dengan gangguan reproduksi post histerektomi dengan indikasi mioma uteri, waktu studi kasus pada tanggal 17 – 26 Agustus 2012, tehnik pengumpulan data menggunakan data primer meliputi wawancara, observasi, pemeriksaan fisik dan data sekunder meliputi studi dokumentasi dan studi kepustakaan.


Hasil : Setelah dilakukan asuhan kebidanan selama 9 hari yaitu mengobservasi KU, TTV dan pengeluaran pervaginam, mengobservasi tetesan infus dan oksigen, melakukan skin test, memberi terapi obat, mengobservasi down cateter didapatkan hasil keadaan ibu baik, jahitan operasi sudah aff semuanya, ibu bersedia menjaga kebersihan diri, ibu mengerti cara merawat perawatan luka bekas operasi histerektomi.


Kesimpulan : Setelah penulis melakukan asuhan kebidanan pada Ny. N post histerektomi dengan indikasi mioma uteri di RSUD Dr. Moewardi Surakarta tidak menemukan kesenjangan antara teori dan kasus.

Copyrights : Copyright � 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher ID01
OrganizationSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Contact NameSoqib Abu Hasan, A. Md
AddressJl. Jaya Wijaya No.11
CitySurakarta
RegionKadipiro
CountryIndonesia
Phone+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
Administrator E-mailsoqib_ah@rocketmail.com
CKO E-mailstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Contributor...

  • Pembimbing : Dheny Rohmatika, S. SiT
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Downnload...