Path: Top > KTI Kebidanan > 2014 B

Asuhan kebidanan bayi baru lahir pada bayi Ny. E dengan berat badan lahir rendah (BBLR) di RSU Assalam Gemolong Sragen tahun 2014

085/KTI/AKB/14
Gray literature from 01 / 2015-01-26 13:51:26
Oleh : Leny Kartika Putri Sri Basuki B11089, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2015-01-26, dengan 1 file

Keyword : Asuhan Kebidanan, Bayi Baru Lahir, Berat Badan Lahir Rendah
Subjek : Berat Badan Lahir Rendah

ABSTRAK

Latar Belakang :Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) ialah bayi yang lahir dengan berat kurang dari 2500 gram (sampai dengan 2499 gram). Bayi baru lahir dengan berat kurang dari 2500 gram mempunyai permasalahan yang serius untuk segera mendapatkan perawatan dan pengawasan secara intensif. Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) yang tidak ditangani dengan baik dapat mengakibatkan timbulnya masalah pada semua sistem organ tubuh meliputi gangguan pada pernafasan (aspirasi mekonium, asfiksia neonatorum), gangguan pada sistem pencernaan (lambung kecil), gangguan sistem perkemihan (ginjal belum sempurna), gangguan sistem persyarafan (respon rangsangan lambat). Selain itu bayi berat lahir rendah dapat mengalami gangguan mental dan fisik serta tumbuh kembang. Berdasarkan studi pendahuluandi RSU Assalam Gemolong diperoleh data jumlah kelahiran bayi sebanyak 758,bayi lahir dengan berat badan lahir rendah sebanyak 78 bayi (10,29%).

Tujuan :Untuk mengetahui dan melaksanakan asuhan kebidanan bayi baru lahir dengan berat badan lahir rendah di RSU Assalam Gemolong Sragen dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan tujuh langkah Varney.

Metodologi :Jenis studi kasus menggunakan metode deskriptif, lokasi studi kasus di RSU Assalam Gemolong Sragen, subjek studi kasus ini bayi baru lahir Ny. E dengan Berat Badan Lahir Rendah, pelaksanaan studi kasus dilakukan pada tanggal 3 sampai 8 Maret 2014, teknik pengumpulan data menggunakan data primer yang meliputi pemeriksaan fisik (inspeksi, palpasi, perkusi, auskultasi), wawancara, observasi serta data sekunder meliputi studi dokumentasi dan kepustakaan.

Hasil :Setelah dilakukan asuhan kebidanan selama 6 hari didapatkan hasil keadaan umum dan vital sign baik, berat badan mengalami kenaikan 260 gram, ibu bersedia menyusui bayinya dan bersedia mengimunisasi bayinya di pelayanan kesehatan terdekat sesuai jadwal imunisasi.

Kesimpulan :Penulis menemukan adanya kesenjangan antara teori dan kasus yang ada di lahan praktek yaitu pada pengkajian, diagnosa potensial, perencanaan dan pelaksanaan.

Kata Kunci : Asuhan Kebidanan, Bayi Baru Lahir, Berat Badan Lahir Rendah

Kepustakaan :35 Literatur (2003 – 2012)

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Ambarsari, SST
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...