Print ...

Contributor...

  • Pembimbing : Hutari Puji Astuti, S.SiT, M.Kes, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Downnload...

Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 C

TINGKAT PENGETAHUAN IBU POST PARTUM PRIMIPARA TENTANG PERUBAHAN FISIOLOGI MASA NIFAS DI RB KUSMAHATI PUNGKUK JETIS JATEN KARANGANYAR TAHUN 2013

137/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2014-01-08 13:24:47
By : KIKI AMELIA CAHYA PRATIWI_B10.148, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Created : 2013-10-07, with 1 files

Keyword : Pengetahuan, post partum, perubahan fisiologis masa nifas
Subject : PERUBAHAN FISIOLOGI

ABSTRAK

Latar Belakang : Komplikasi masa nifas yaitu infeksi yang merupakan penyebab terjadinya Angka Kematian Ibu (AKI). Infeksi nifas adalah semua peradangan yang disebabkan oleh masuknya kuman ke dalam organ kandungan. Perubahan Fisiologis masa nifas antara lain perubahan uterus, lochea, vagina dan perineum, perubahan sistem pencernaan, perkemihan, sistem endokrin, musculoskeletal, dan perubahan tanda tanda vital. Dari hasil studi pendahuluan di RB Kusmahati Pungkuk Jetis Jaten Karanganyar pengetahuan ibu post partum primipara tentang perubahan fisiologis masa nifas kebanyakan dengan tingkat pengetahuan cukup.

Tujuan : Mengetahui Pengetahuan ibu post partum primipara tentang perubahan fisiologis masa nifas di RB Kusmahati Pungkuk Jetis Jaten Karanganyar pada tingkat baik, cukup, dan kurang.

Metode Penelitian : Desain penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di RB Kusmahati Pungkuk Jetis Jaten Karanganyar pada tanggal 7 Maret s/d 25 Mei 2013. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 ibu nifas, pengambilan sampel yaitu dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Cara pengumpulan data berasal dari data primer dan Data Sekunder. Metode Pengolahan dan Analisa Data meliputi Editing (penyuntingan), Coding, memasukkan data (Data Entri) atau processing, pembersihan data (Cleaning). Etika Penelitian meliputi Informed Consent (lembar persetujuan menjadi responden), Anonimity (tanpa nama), Confidentiality (kerahasiaan). Analisa menggunakan analisa univariat.

Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan ibu post partum primipara tentang perubahan fisiologis masa nifas responden dengan tingkat pengetahuan baik sebanyak 6 responden (18,8%), tingkat pengetahuan cukup sebanyak 22 responden (68,6%) dan tingkat pengetahuan kurang sebanyak 4 responden (12,4%).

Kesimpulan : Tingkat pengetahuan ibu post partum primipara tentang perubahan fisiologis masa nifas di RB Kusmahati Pungkuk Jetis Jaten Karanganyar kebanyakan dengan tingkat pengetahuan cukup yaitu sebanyak 22 responden (68,6%).

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher ID01
OrganizationSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Contact NameSoqib Abu Hasan, A. Md
AddressJl. Jaya Wijaya No.11
CitySurakarta
RegionKadipiro
CountryIndonesia
Phone+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
Administrator E-mailsoqib_ah@rocketmail.com
CKO E-mailstikkusuma@yahoo.com