Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Prof. Dr. Hermanu Joebagjo, M.Pd; Anita Istiningtyas, S. Kep., Ns., M. Kep.
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...

Path: Top > Skripsi Keperawatan > 2014

Depresi lanjut usia di Panti Wreda Griya Sehat Bahagia Karanganyar

019/Skripsi/SKP/14
Gray literature from 01 / 2014-09-24 14:27:38
Oleh : Joko Ribut Sutrisno S10021, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2014-09-24, dengan 1 file

Keyword : Depresi, Lanjut Usia, Panti Wreda
Subjek : Depresi

Abstrak

Masalah depresi yang terjadi pada lansia sering kali tidak di ketahui dan tidak ditangani dengan baik. Kesulitan untuk mengidentifikasi ini karena perbedaan pola gejala antara tiap kelompok umur dan jarang pasien yang mau mengakui bahwa dirinya mengalami depresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran depresi yang terjadi pada lanjut usia di Panti Wreda Griya Sehat Bahagia Karanganyar.

Penelitian ini merupakan bentuk penelitian kualitatif deskriptif dengan desain Case Study yang mengunakan sampel lansia yang mengalami depresi, cara yang digunakan untuk mengetahui depresi lansia dengan cara melakukan pengkajian dengan menggunkan GDS (Geriatric Depression Scale).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua lansia depresi mengalami perasaan sedih, karenakan di tinggal oleh yang disayangi, lansia yang mengalami depresi pola aktivitas dan kegiatanya juga banyak mengalami penurunan. Hal ini dapat dikaitkan dengan kondisi kesehatan lansia depresi, kondisi lansia depresi tidak cukup baik karena lansiadepresi sering mengeluhkan sakit kepala atau pusing.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa depresi yang dialami oleh lansia disebabkan oleh kehilangan orang yang disayangi, mereka mengalami perasaan sedih yang sangat mendalam, perawat dalam mengatasi depresi lansia menerakan managemen keperawatan tentang asuhan keperawatan gerontik dan berbagai macam terapi, tindakan yang diberikan perawat untuk mengatasi depresi lansia menerapkan asuhan keperawatan gerontik dan berbagai macam terapi, kendala yang muncul saat mengatsi depresi diantaranya kesulitan dalam memberikan makanan, obat, dan pada saat pasien mengamuk.

Kata Kunci : Depresi, Lanjut Usia, Panti Wreda

Daftar pustaka : 19 (2001 s/d 2013)

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com