Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Eni Rumiyati, S.ST
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...

Path: Top > KTI Kebidanan > 2012 B

Tingkat pengetahuan Ibu Post Partum tentang KB MOW (Tubektomi) di RSU Assalam Gemolong Sragen

085/KTI/AKB/12
Gray literature from 01 / 2013-04-15 09:23:21
Oleh : Ismiyatin B09088, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-01-14, dengan 1 file

Keyword : Tingkat Pengetahuan, Post Partum, KB MOW (Tubektomi)
Subjek : KB MOW (Tubektomi)

ABSTRAK


Latar Belakang : Medis Operatif Wanita (MOW) adalah kreasi baru kontap wanita. Metode operatif wanita (kontap wanita) dalam gerakan keluarga berencana nasional diterima masyarakat dengan meningkatkan jumlah peserta yang semakin muda. Studi pendahuluan yang peneliti lakukan dengan cara wawancara terhadap 5 ibu post partum di RSU Assalam Gemolong Sragen terdapat 2 ibu post partum mengetahui pengertian tentang KB MOW dan keuntungan KB MOW (Tubektomi). Sedangkan 3 ibu post partum belum mengetahui tentang KB MOW(Tubektomi)


Tujuan : Mengetahui tingkat pengetahuan Ibu Post Partum tentang KB MOW (Tubektomi) di RSU Assalam Gemolong Sragen.


Metode Penelitian : Desain penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di RSU Assalam Gemolong Sragen pada tangal 8 Juni 2012. Populasi dalam penelitian sebanyak 36 responden dan Sampel dalam penelitian ini adalah 36 responden menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dan penelitian ini hanya menggunakan variabel tunggal yaitu Pengetahuan Ibu Post Partum tentang KB MOW. Analisa menggunakan analisa univariat.


Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan ibu post partum tentang KB MOW (Tubektomi) di RSU Assalam Gemolong Sragen dapat dikategorikan pengetahuan baik sebanyak 3 responden (8,3%), pengetahuan cukup sebanyak 28 responden (77,8%) dan pengetahuan kurang sebanyak 5 responden (13,9%).


Kesimpulan : Tingkat pengetahuan ibu post partum tentang KB MOW (Tubektomi) di RSU Assalam Gemolong Sragen dapat dikategorikan pengetahuan cukup yaitu sebanyak 28 responden (77,8%).

Copyrights : Copyright � 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com