Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 B

ASUHAN KEBIDANAN PADA An. A UMUR 4 BULAN DENGAN ISPA SEDANG DI RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2013

112/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2014-01-02 13:17:34
Oleh : INTAN NANDIA SAPUTRI_B09.086, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-29, dengan 1 file

Keyword : ISPA SEDANG

ABSTRAK

Latar Belakang : Menurut Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2009, Angka Kematian Balita (AKB) di Indonesia sebesar 44 per 10.000 kelahiran hidup. Penyebab utama kesakitan dan kematian balita di Indonesia yaitu Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) yaitu sebesar 28%. Secara umum efek pencemaran udara terhadap saluran pernafasan dapat menyebabkan pergerakan silia hidung menjadi lambat dan kaku bahkan dapat berhenti sehingga tidak dapat membersihkan saluran pernafasan akibat iritasi oleh bahan pencemar. ISPA merupakan penyakit infeksi yang menyerang salah satu bagian atau lebih dari saluran nafas mulai dari hidung (saluran atas) hingga alveoli (saluran bawah) termasuk jaringan adnetsanya, seperti sinus, rongga telinga tengah dan pleura. Data di RSUD Dr. Moewardi pada bulan Januari sampai dengan September 2012 didapatkan jumlah 785 balita sakit. Balita sakit ISPA 87 balita (11,1%) ISPA berat 43 balita (5,5%), ISPA sedang 28 balita (3,6%) dan ISPA ringan 16 balita (2,04%)

Tujuan : mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada balita Ny. S dengan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) sedang menurut manajemen kebidanan menurut Varney.

Metodologi : Jenis studi kasus menggunakan metode deskriptif, lokasi studi kasus di RSUD Dr. Moewardi Surakarta, subjek studi kasus adalah balita Ny. S dengan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) sedang, waktu pelaksanaan studi kasus dilaksanakan pada tanggal 30 Mei sampai 02 April 2013, tehnik pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dengan pemeriksaan fisik yang meliputi inspeksi, palpasi, perkusi dan auskultasi serta wawancara dan observasi sedangkan data sekunder meliputi studi kepustakaan dan studi dokumentasi, dan alat yang dibutuhkan untuk pemeriksaan (format askeb, termometer, stetoskop), alat dan bahan untuk observasi (alat ukur tinggi badan, timbangan berat badan, pita LILA, stetoskop, termometer) dan untuk dokumentasi

Hasil : Setelah dilakukan asuhan kebidanan selama 4 hari adalah ibu mengerti dan bersedia melakukan perawatan anak di rumah, sudah diberikan pendidikan kesehatan tentang penyakit ISPA dan ibu sudah mengerti, ibu mengerti cara memberikan obat, ibu bersedia untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar, ibu bersedia untuk kontrol ulang ke poli anak jika keadaan anak belum stabil dan bila ada keluhan.

Kesimpulan : Pada kasus balita Ny. S dengan ISPA sedang penulis menemukan adanya kesenjangan antara teori dan kasus yang ada dilahan yaitu pada pengkajian, perencanaan dan pelaksanaan.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Arista Apriani,SST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...