Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 C

ASUHAN KEBIDANAN PADA Ny. F P1 A0 AKSEPTOR KB IUD DENGAN EROSI PORTIO DI BPM SITI NURAINI NGUNUT TOHKUNING KARANGPANDAN KARANGANYAR TAHUN 2013

135/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2014-01-08 13:10:37
By : INDAH FEBRIANA_B10.146, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Created : 2013-10-10, with 1 files

Keyword : Asuhan kebidanan, Akseptor KB IUD, Erosi Portio
Subject : EROSI PORTIO

ABSTRAK

Latar Belakang : Data Survey Nasional di semua BPS di Indonesia menunjukkan persentase terbanyak alat kontrasepsi yang dipakai di Indonesia adalah pada tahun 2010, adalah IUD sebesar 4,8%. Keunggulan dari IUD adalah dapat diterima masyarakat dengan baik. Pemasangan tidak memerlukan alat medis yang sulit, kontrol medis ringan, penyulit tidak terlalu berat, pulihnya kesuburan setelah AKDR dicabut berlangsung baik. IUD juga mempunyai efek samping yang dapat terjadi salah satunya erosi portio jika tidak ditangani akan terjadi keganasan. Erosi portio adalah merupakan pengikisan lapisan mulut rahim. Hal ini dapat terjadi karena lamanya pemakaian IUD dan adanya gesekan gesekan dari luar saat berhubungan seksual. Data dari BPM Siti Nuraini bulan Januari s/d Oktober 2012 didapatkan data akseptor KB IUD sebanyak 120 (49,58%), data Akseptor KB IUD yang tidak ada keluhan sebesar 94 (83,8%), yang mengalami erosi portio sebanyak 14 kasus (11,66%).

Tujuan : Mahasiswa mengerti dan memahami tentang pelaksanaan asuhan kebidanan pada Ny. F P1 A0 akseptor KB IUD dengan erosi portio melalui pendekatan manajemen kebidanan menurut Varney.

Jenis Studi Kasus : Menggunakan metode deskriptif, lokasi studi kasus di BPM Siti Nuraini Ngunut Tohkuning Karangpandan Karanganyar, subjek studi kasus Ny. F P1 A0 Akseptor KB IUD dengan erosi portio, waktu studi kasus tanggal 21 Maret sampai 02 April 2013, teknik pengumpulan data menggunakan data primer meliputi pemeriksaan fisik (inspeksi, palpasi, perkusi, auskultasi), wawancara dan observasi serta data sekunder meliputi studi dokumentasi dan studi kepustakaan.

Hasil : Setelah dilakukan asuhan kebidanan selama 12 hari didapatkan hasil bahwa erosi portio sudah sembuh, ibu bersedia melakukan hubungan seksual dengan hati hati dan sudah mengetahui cara berhubungan seksual yang benar, ibu bersedia tetap menjaga kebersihan daerah genetalianya dan ibu bersedia untuk melakukan kontrol ulang 3 bulan sekali dan kembali bila ada keluhan.

Kesimpulan : Dalam memberikan asuhan kebidanan pada kasus Ny. F akseptor KB IUD dengan erosi portio penulis tidak menemukan adanya kesenjangan antara teori dan kasus.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher ID01
OrganizationSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Contact NameSoqib Abu Hasan, A. Md
AddressJl. Jaya Wijaya No.11
CitySurakarta
RegionKadipiro
CountryIndonesia
Phone+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
Administrator E-mailsoqib_ah@rocketmail.com
CKO E-mailstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Contributor...

  • Pembimbing : Eni Rumiyati,SST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Downnload...