Print ...

Contributor...

  • Siti Nurjanah, SST., M. Keb , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Downnload...

Path: Top > KTI Kebidanan > 2016 B

ASUHAN KEBIDANAN KELUARGA BERENCANA AKSEPTOR KB IUD PADA Ny. I UMUR 35 TAHUN P2 A0 DENGAN LEUKOREA FISIOLOGI DI KLINIK PRATAMA AN-NUUR KARANGANYAR

Undergraduate Theses from 01 / 2017-05-22 05:19:16
By : IMTI FITROTUL HIDAYAH B 13067, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Created : 2017-05-22, with 1 files

Keyword : Asuhan kebidanan, Akseptor KB IUD, Leukorea

ABSTRAK

Latar Belakang : Keluarga berencana adalah upaya untuk mewujudkan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera. IUD merupakan salah satu alat kontrasepsi. Efek samping IUD adalah perdarahan, keputihan, eksplusi, nyeri, infeksi dan translokasi. Studi pendahuluan di Klinik Pratama An-Nuur Karanganyar pada Januari 2015 - Oktober 2015 didapatkan keluhan yang paling banyak dialami akseptor KB IUD adalah leukorea fisiologi yaitu 15 orang. Keputihan apabila tidak tertangani dengan baik akan menimbulkan infeksi yang lebih parah sehingga mengganggu kesehatan reproduksi wanita.

Tujuan : Untuk melaksanakan asuhan kebidanan keluarga berencana pada akseptor KB IUD dengan leukorea fisiologi secara komprehensif dengan menggunakan 7 langkah varney.

Metode : Studi kasus menggunakan metode deskriptif, lokasi di Klinik Pratama An-Nuur Karanganyar, Subjek Ny. I P2 A0 umur 35 tahun, waktu mulai tanggal 2-10 April 2016, teknik pengumpulan data menggunakan data primer yang meliputi pemeriksaan fisik, wawancara, observasi dan data sekunder meliputi studi dokumentasi dan studi pustaka.

Hasil : Ny. I P2 A0 umur 35 tahun setelah diberikan asuhan kebidanan akseptor KB IUD dengan leukorea fisiologi pada tanggal 2 April-10 April 2016 diperoleh hasil leukorea fisiologi ibu sembuh, ibu bersedia untuk tetap menjaga kebersihan daerah genetalianya, ibu bersedia untuk kontrol 6 bulan lagi atau jika ada keluhan dan ibu tetap menggunakan KB IUD.

Kesimpulan : Asuhan kebidanan yang dilakukan meliputi pengkajian, interpretasi data, diagnosa potensial, tindakan segera, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi ditemukan beberapa kesenjangan antara teori dan kasus yang ada di lapangan. Teori menyatakan pada kasus leukorea fisiologi dilakukan pemeriksaan pap smear namun pada lahan tidak dilakukan, dikarenakan leukorea fisiologi yang terjadi pada Ny.I fisiologi tidak gatal, berwarna dan berbau, antisipasi, serta pemberian terapi yang berbeda.


Kata Kunci : Asuhan kebidanan, Akseptor KB IUD, Leukorea

Kepustakaan : 20 literatur (Tahun 2006 s/d 2015)

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher ID01
OrganizationSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Contact NameSoqib Abu Hasan, A. Md
AddressJl. Jaya Wijaya No.11
CitySurakarta
RegionKadipiro
CountryIndonesia
Phone+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
Administrator E-mailsoqib_ah@rocketmail.com
CKO E-mailstikkusuma@yahoo.com