Path: Top > KTI Kebidanan > 2012 B

Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil Ny. S G2P1A0 Trimester II – III Dengan Letak Sungsang di PKD Ngudi Waras Plupuh Sragen

084/KTI/AKB/12
Gray literature from 01 / 2013-04-15 09:31:08
By : Ika Susilowati B09085, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Created : 2013-01-14, with 1 files

Keyword : Asuhan Kebidanan, Ibu Hamil, Letak Sungsang
Subject : Letak Sungsang

ABSTRAK


Latar Belakang : Fectus dalam letak sungsang terpapar pada resiko yang lebih besar pada waktu partus dan kelahiran daripada mereka dengan letak kepala. Hal ini disebabkan oleh dua masalah utama yaitu terperangkapnya kepala dan prolaps tali pusat, angka kesakitan pada bayi juga tinggi karena mungkin terjadi fraktur dari humerus atau klavikula pada waktu melahirkan lengan, paralisis lengan karena tekanan atau tarikan pada pleksus brakialis pada waktu melahirkan kepada dengan cara mauriceau.


Tujuan : Dapat menerapkan asuhan kebidanan pada ibu hamil dengan letak sungsang dengan pendekatan manajemen kebidanan, mampu menganalisis kesenjangan antara teori dan kasus nyata di lapangan, mampu menemukan alternatif pemecahan masalah.


Metode : Jenis studi kasus menggunakan metode deskriptif, lokasi di BPS Ngudi Waras Plupuh Sragen, subjek studi kasus ibu hamil Ny. S G2P1A0 dengan letak sungsang, waktu studi kasus dilakukan pada tanggal 23 Mei – 18 Juni 2012, tehnik pengumpulan data dengan data sekunder yang meliputi wawancara dan observasi sedangkan data primer meliputi studi dokumentasi dan kepustakaan.


Hasil : Setelah dilakukan asuhan kebidanan dengan tindakan knee chest ibu hamil letak sungsang pada Ny. S di PKD Ngudi Waras Plupuh Sragen selama 4 minggu maka evaluasi yang didapat keadaan umum baik, ibu tidak cemas, tidak terjadi komplikasi dan presentasi menjadi presentasi kepala.


Kesimpulan : Pada kasus ibu hamil Ny. S umur 27 tahun dengan letak sungsang tidak ada kesenjangan anatara di teori dan praktek.

Copyrights : Copyright � 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher ID01
OrganizationSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Contact NameSoqib Abu Hasan, A. Md
AddressJl. Jaya Wijaya No.11
CitySurakarta
RegionKadipiro
CountryIndonesia
Phone+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
Administrator E-mailsoqib_ah@rocketmail.com
CKO E-mailstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Contributor...

  • Pembimbing : Eni Rumiyati, S.ST
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Downnload...