Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 B

Tingkat pengetahuan siswi kelas V tentang menarche di SD Negeri II Jumantoro Karanganyar

075/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2013-12-28 09:03:47
Oleh : Hevy Wulandari B10082, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-14, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, Remaja, Menarche
Subjek : Menarche

Abstrak

Latar Belakang: Masa remaja merupakan masa transisi atau peralihan masa kanak-kanak menuju masa dewasa yang ditandai dengan adanya perubahan aspek fisik, psikis, dan psikososial. Menstruasi pertama atau menarche adalah hal yang wajar yang pasti dialami oleh wanita normal dan tidak perlu digelisahkan. Ketika muncul menarche, seorang individu akan merasakan adanya keluhan keluhan fisioligis maupun kondisi psikologis yang tidak stabil. Hal ini karena ketidaktahuan remaja tentang perubahan perubahan fisiologis yang terjadi pada awal kehidupan seorang remaja wanita, maka menstruasi dianggap sebagai sesuatu hal yang tidak baik. Studi pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 15 Oktober 2012 di SD negeri II jumantoro Karanganyar kepada 20 siswi kelas V didapatkan siswi belum mengalami menarche.

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswi kelas V tentang menarche di SD Negeri II Jumantoro Karanganyar dalam tingkat baik, cukup, dan kurang.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, dengan jumlah responden 30 siswi, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya teknik analisa data dengan analisa univariat.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian terhadap 30 siswi kelas V tentang menarche di SD Negeri II Jumantoro Karanganyar diperoleh hasil yang berpengetahuan baik sejumlah 6 responden (20%), cukup sejumlah 17 responden (56,6%) dan kurang sejumlah 7 responden (23, 4%).

Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswi kelas V tentang menarche di SD Negeri II Jumantoro Karanganyar mempunyai pengetahuan yang cukup tentang menarche yaitu sebanyak 17 responden (56,6%).

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Estri Kusumawati, SST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...