Path: Top > KTI Kebidanan > 2012 B

Asuhan Kebidanan pada Ny. A Umur 27 Tahun P2A0 Akseptor KB IUD dengan Leukorea di Puskesmas Kalijambe Sragen

116/KTI/AKB/12
Gray literature from 01 / 2013-04-11 09:13:00
Oleh : Gita Mustikasari B08078, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-01-15, dengan 1 file

Keyword : Asuhan kebidanan, KB IUD, Leukorea
Subjek : Leukorea

ABSTRAK



Latar Belakang : Di Indonesia khususnya di Jawa Tengah peserta KB aktif tahun 2007 sekitar 44.861.211 jiwa dengan jumlah peserta KB IUD sebanyak 480.359 orang. Salah satu efek samping dan komplikasi pada saat insersi IUD yaitu leukorea. Apabila leukorea ini tidak segera mendapat penanganan yang tepat dan berlangsung berkepanjangan akan menjadi infeksi vagina, vulvitis, vaginitis dan vulvovaginitis.



Tujuan : Melaksanakan asuhan kebidanan pada Ny. A akseptor KB IUD dengan leukorea dengan manajemen 7 langkah Varney yang meliputi pengkajian, interpretasi data, diagnosa potensial, antisipasi, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi apakah ada kesenjangan antara teori dan kasus sehingga dapat memberikan alternatif pemecahan masalah.



Metode : Metode yang digunakan adalah deskriptif, studi kasus di Puskesmas Kalijambe Sragen pada Ny. A umur 27 tahun P2A0 Akseptor KB IUD dengan leukorea dan dilakukan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, studi dokumentasi dan studi kepustakaan.



Hasil : Setelah dilakukan asuhan kebidanan selama 12 hari pada Ny. A umur 27 tahun dengan leukorea di Puskesmas Kalijambe, Sragen, maka hasil asuhan yang didapat yaitu leukorea sembuh, ibu bersedia untuk tetap menjaga kebersihan daerah genetalianya, Ibu bersedia untuk kontrol 3 bulan lagi atau jika ada keluhan dan ibu tetap menggunakan KB IUD Copper T 380 A.



Kesimpulan : Pada pengkajian kasus Ny. A dengan Leukorea ditemukan kesenjangan antara teori dan praktik yaitu pada pemeriksaan penunjang, tindakan medis dan terapi yang diberikan. Pada praktik tidak dilakukan pemeriksaan penunjang apapun, sedangkan pada teori untuk khasus leukorea dilakukan pemeriksaan penunjang yaitu pap smear. Pada tindakan medis dilakukan pengusapan daerah portio dengan betadine, sedangkan pada teori tidak ada. Dan pada terapi yang diberikan pada praktik tidak diberikan golongan Flukanazol (Cancid 150 mg).

Copyrights : Copyright � 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Arista Apriani, S.ST
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...