Print ...

Contributor...

  • Pembimbing : Dheny Rohmatika, S. SiT
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Downnload...

Path: Top > KTI Kebidanan > 2012 B

Tingkat Pengetahuan Mahasiswi Kebidanan Tingkat II tentang Gangguan Menstruasi di Stikes Kusuma Husada Surakarta Tahun 2012

079/KTI/AKB/12
Gray literature from 01 / 2013-04-15 10:09:15
By : Fitri Ayu Mustika B09080, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Created : 2013-01-14, with 1 files

Keyword : Pengetahuan, Remaja Putri, Gangguan Menstruasi
Subject : Gangguan Menstruasi

ABSTRAK


Latar Belakang : Menstruasi merupakan perdarahan teratur dari uterus sebagai tanda bahwa alat kandungan telah menunaikan faalnya. Gangguan menstruasi bisa dikatakan sebagai kelainan yang terjadi pada wanita yang sudah mengalami menstruasi. Gangguan tersebut dapat berupa gangguan pada siklus, banyaknya darah dan lamanya menstruasi. Gangguan menstruasi dapat menimbulkan risiko patologis apabila dihubungkan dengan banyaknya kehilangan darah, mengganggu aktifitas sehari-hari, adanya indikasi inkompatibel ovarium pada saat konsepsi atau indikasi tanda – tanda kanker.


Tujuan : adalah untuk mengetahui bagaimana Tingkat Pengetahuan Mahasiswi Kebidanan Tingkat II Tentang Gangguan Menstruasi di STIKes Kusuma Husada Surakarta pada tingkat baik, cukup dan kurang.


Metode penelitian : Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, lokasi dan waktu penelitian di STIKes Kusuma Husada Surakarta tanggal 31 Mei 2012, populasi 182 responden, pengambilan sampel dengan sampel random sederhana sehingga diperoleh 46 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, pengolahan data dengan bantuan SPSS for windows. Tekhnik analisa univariat dengan distribusi frekuensi.


Hasil penelitian : Dari hasil penelitian terhadap 46 mahasiswi Kebidanan tingkat II tentang gangguan menstruasi, yang berpengetahuan baik 9 mahasiswi (19,57%), berpengetahuan cukup 28 mahasiswi (60,86%) dan berpengetahuan kurang 9 mahasiswi (19,57%).


Kesimpulan : Berdasarkan dari penelitian menujukkan bahwa tingkat pengetahuan Mahasiswi Kebidanan tingkat II tentang gangguan menstruasi terbanyak pada kategori cukup yaitu 28 mahasiswi (60,86%) pencapaian ini kemungkinan dipengaruhi oleh pengalaman dan lingkungan responden.

Copyrights : Copyright � 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher ID01
OrganizationSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Contact NameSoqib Abu Hasan, A. Md
AddressJl. Jaya Wijaya No.11
CitySurakarta
RegionKadipiro
CountryIndonesia
Phone+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
Administrator E-mailsoqib_ah@rocketmail.com
CKO E-mailstikkusuma@yahoo.com