Print ...

Contributor...

  • Pembimbing : Desy Handayani, S.ST, M.Kes.
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Downnload...

Path: Top > KTI Kebidanan > 2012 B

Pengetahuan Ibu Hamil tentang Preeklampsia dan Eklampsia Di BPS Suminten Mantingan Ngawi

077/KTI/AKB/12
Gray literature from 01 / 2013-04-15 10:17:36
By : Eri Susanti B09078, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Created : 2013-01-14, with 1 files

Keyword : Pengetahuan, Ibu Hamil, Preeklampsia dan Eklampsia
Subject : Preeklampsia dan Eklampsia

ABSTRAK


Latar Belakang : Berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2007 angka kematian ibu mencapai 233 per 100.000 kelahiran hidup yang salah satu penyebabnya adalah preeklampsia dan eklampsia. Penyebab dari kematian ibu ini antara lain : perdarahan otak, payah jantung atau payah ginjal, dan aspirasi cairan lambung atau edema paru. Upaya terpenting untuk menangani kasus ini adalah deteksi dini dan disiplin kontrol tekanan darah selama kehamilan. Hasil studi pendahuluan terhadap 10 ibu hamil, didapatkan data 4 ibu hamil berpengetahuan baik, kemudian 3 ibu hamil berpengetahuan cukup, dan 3 ibu hamil berpengetahuan kurang tentang preeklampsia dan eklampsia.


Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang preeklampsia dan eklampsia di BPS Suminten Mantingan Ngawi.


Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, lokasi penelitian dilaksanakan di BPS Suminten Mantingan Ngawi dan dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2012. Sampelnya adalah ibu hamil yang periksa di BPS Suminten Mantingan Ngawi dengan jumlah 30 responden. Penelitian ini menggunakan tekhnik purposive sampling. Analisis yang digunakan analisis univariat dengan menggunakan instrumen yang telah diuji validitas.


Hasil Penelitian : Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di BPS Suminten Mantingan Ngawi diperoleh hasil bahwa tingkat pengetahuan ibu hamil tentang preeklampsia dan eklampsia yang berpengetahuan baik ada 9 responden (30%), yang berpengetahuan cukup baik sebanyak 18 responden (60%), sedangkan yang berpengetahuan kurang ada 3 responden (10%).


Kesimpulan : Didapatkan bahwa pengetahuan ibu hamil tentang preeklampsia dan eklampsia di BPS Suminten Mantingan Ngawi sebagian besar adalah cukup baik.

Copyrights : Copyright � 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher ID01
OrganizationSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Contact NameSoqib Abu Hasan, A. Md
AddressJl. Jaya Wijaya No.11
CitySurakarta
RegionKadipiro
CountryIndonesia
Phone+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
Administrator E-mailsoqib_ah@rocketmail.com
CKO E-mailstikkusuma@yahoo.com